Sukses

Food

5 Cara Membuat Ayam Goreng Tepung yang Gurih dan Renyah

Fimela.com, Jakarta Ayam goreng menjadi salah satu makanan favorit hampir semua orang. Digoreng dengan bumbu ungkep atau digoreng tepung, ayam goreng siap memanjakan lidah siapa saja. Tak hanya orang dewasa yang menyukainya, anak-anak pun menganggap ayam goreng sebagai sajian yang sangat istimewa. 

Bicara mengenai ayam goreng, membuatnya bisa dibilang gampang-gampang susah. Dengan teknik yang tepat, ayam goreng yang dihasilkan akan sangat menggugah selera. Tak terkecuali untuk ayam goreng tepung. Dengan cara yang tepat, ayam goreng tepun akan terasa lebih nikmat. Ini juga lebih renyah, gurih dan krispi dari biasanya. 

Berikut beberapa cara membuat ayam goreng tepung yang gurih dan renyah.

Marinasi Daging Ayam

Sebelum dibalut tepung bumbu dan digoreng, daging ayam sebaiknya dimarinasi lebih dulu dengan bumbu. Lama marinasi paling sebentar selama 60 menit. Untuk hasil yang maksimal dan bumbu meresap ke dalam daging, sebaiknya masukkan daging ayam yang dimarinasi ke lemari es. Bumbu marinasi agar ayam goreng tepung lebih adalah garam, bawang putih, bawang merah, kaldu ayam bubuk dan lada bubuk yang dihaluskan. 

Putih Telur Kocok

Setelah daging ayam dimarinasi, selanjutnya balut daging ayam dengan putih telur kocok yang diberi sedikit garam. Ini disebut sebagai adonan cair ayam goreng tepung. Membalut daging ayam dengan putih telur ini akan membuat tepung menempel dengan baik. Ini juga membuat tepung lebih renyah nantinya. 

Gunakan Tepung Terigu Berprotein Tinggi

Sebaiknya, pilih tepung terigu berprotein tinggi untuk baluran luar. Tepung ini sebaiknya juga diberi bumbu halus berupa garam dan kaldu ayam agar lebih gurih.

Lapisi Daging Ayam dengan Adonan Minimal Dua Kali

Lapisi daging ayam yang telah dimarinasi dengan adonan cair atau kering minimal sebanyak dua kali. Celupkan daging ayam ke dalam adonan cair, kemudian lanjut balur dengan adonan tepung kering. Celupkan lagi ke adonan cair, masukkan ke adonan kering dan tepuk-tepuk adonan. Kamu bisa melakukan cara ini lebih dari dua kali jika ingin ayam goreng tepung yang makin tebal.

Goreng dengan Minyak Banyak

Goreng daging ayam yang telah ditepungi dengan minyak banyak atau metode deep frying. Pastikan jika minyak sudah panas saat kamu memasukkan adonan ayam. Gunakan api sedang dan bolak-balik ayam goreng selama penggorengan. Cara ini bisa membuat ayam goreng tepung matang sempurna, lebih renyah dan gurih namun tidak gosong. 

Itulah sekian cara mudah membuat ayam goreng tepung yang gurih dan renyah. Semoga cara ini bermanfaat dan selamat untuk mencobanya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading