Sukses

Food

5 Buah Enak Kaya Manfaat yang Bisa Bantu Mengatasi Mual Saat Hamil

Fimela.com, Jakarta Momen kehamilan menjadi momen yang sangat mengesankan buat setiap perempuan. Ada saat di mana perasaan sangat bahagia, tapi ada saat juga di mana perasaan serba cemas dan tidak karu-karuan. Apalagi, jika saat hamil Mom mengalami mual, muntah serta perubahan suasana hati yang cukup signifikan. 

Mual dan muntah adalah gejala umum yang sering dialami oleh ibu hamil selama trimester pertama kehamilannya. Salah satu cara alami untuk mengatasi mual saat hamil yakni dengan mengonsumsi buah-buahan tertentu. Mengutip dari laman parents.com, beberapa buah tidak hanya membantu meredakan mual tapi juga memberikan nutrisi yang penting untuk ibu hamil pun janin di kandungan. 

Berikut beberapa buah yang bisa membantu mengatasi mual selama kehamilan. Simak baik-baik dan semoga informasi ini bermanfaat.

Pisang

Pisang adalah buah pertama yang bantu mengatasi mual selama kehamilan. Buah ini sangat mudah dicerna dan merupakan sumber energi yang baPisang kaya akan kalium dan kalsium yang sangat dibutuhkan untuk mengoptimalkan tumbuh kembang janin di kandungan. 

Buah satu ini juga bermanfaat mengurangi risiko kram otot. Adapun kandungan nutrisi pada pisang yang tak boleh dilewatkan selama kehamilan antaranya vitamin B6, vitamin C, serat dan zat alami yang menjaga menstabilkan kadar gula tubuh. 

Jeruk

Jeruk adalah sumber vitamin C yang kaya dan menyegarkan. Buah ini membantu mengatasi mual dan memberikan rasa kesegaran selama kehamilan. Vitamin C yang terkandung dalam jeruk, akan membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Jeruk juga kaya akan folat di mana ini sangat penting dalam mengoptimalkan perkembangan janin. Jeruk bisa dikonsumsi secara langsung, dibuat jus atau olahan makanan lain yang ramah bagi ibu hamil. 

Semangka

Buah selanjutnya yang direkomendasikan untuk ibu hamil dalam mengatasi mual ada semangka. Buah semangka adalah buah yang mengandung air tinggi. Buah ini bisa membantu mengatasi dehidrasi yang bisa terjadi akibat mual dan muntah selama kehamilan. 

Buah ini juga mampu memberikan rasa segar dan membantu meredakan mual. Adapun kandungan nutrisi terbaik yang terdapat pada semangka antaranya vitamin C, vitamin A, likopen dan antioksidan yang tak banyak baik bagi Mom melainkan sangat baik bagi janin di kandungan. 

Apel

Buah apel adalah buah selanjutnya yang mudah dicerna dan mengandung serat tinggi. Apell dipercaya sebagai salah satu buah terbaik untuk membantu mengatasi mual selama kehamilan. Apel kaya nutrisi, vitamin dan berbagai zat yang membantu mengoptimalkan tumbuh kembang janin. Ini juga menjaga daya tahan tubuh Mom, menstabilkan gula darah, tekanan darah pun kadar kolesterol selama kehamilan.

Pir

Pir adalah buah yang bermanfaat mengatasi mual selama kehamilan. Buah pir sangat mudah dicerna karena mengandung serat tinggi di dalamnya. Pir mampu membantu meredakan mual dengan sangat baik, dan menjaga pencernaan agar senantiasa sehat selama kehamilan. Umumnya, pir mengandung vitamin C, vitamin K, serat dan masih banyak nutrisi lain demi mengoptimalkan kesehatan ibu pun janin. 

Itulah sekian buah yang dipercaya bisa mengatasi mual selama kehamilan. Namun, mengutip dari laman mayoclinic.com, penting untuk selalu berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi saat hamil demi memastikan bahwa diet yang dijalani telah memenuhi kebutuhan nutrisi sendiri maupun janin di kandungan. Buah-buahan yang sehat bisa menjadi bagian penting dari diet ibu hamil, demi menjaga kesehatan dan kenyamanan selama masa kehamilan. Semoga informasi ini bermanfaat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading