Sukses

Food

7 Makanan yang Bisa Membuat Suasana Hati Menjadi Bahagia

Fimela.com, Jakarta Tidak bisa dipungkiri bahwa makanan bisa memengaruhi kondisi emosional dan suasana hati seseorang. Dalam satu hari, Sahabat Fimela pasti pernah merasakan emosi yang berubah-ubah karena banyaknya kegiatan dan tekanan yang telah dilalui. Apalagi, beberapa situasi bisa menyebabkan seseorang cepat mengalami stres. Namun, kamu bisa memulai untuk mengelola emosi dan mengendalikan pikiran supaya dapat terhindar dari stres dan suasana hati pun menjadi membaik. Cara yang paling sederhana adalah dengan makanan

Makanan bisa membuat perasaan seseorang menjadi bahagia. Tidak hanya nikmat, beberapa makanan di bawah ini juga mengandung antioksidan, yaitu senyawa yang bisa membantu melindungi sel-sel tubuh. Lantas, apa saja ya beberapa makanan tersebut? Berikut untuk uraiannya:

Cokelat

Sahabat Fimela termasuk salah satu pecinta cokelat? Camilan manis yang satu ini begitu populer dan telah menjadi makanan favorit bagi sebagian orang. Baik dimakan secara utuh, maupun dijadikan penambah cita rasa manis untuk makanan lain, cokelat dapat diolah menjadi apa saja.

Melansir dari situs cnet, cokelat hitam dikatakan dapat memengaruhi suasana hati seseorang menjadi lebih positif. Makanan ini bisa membuat seseorang menjadi bahagia karena dapat meningkatkan kadar endorfin dan kinerja otak. Kandungan di dalam cokelat juga bisa memproduksi hormon serotonin yang bekerja dalam mengubah suasana hati dan hormon dopamin sebagai antidepresan.

 

 

Pisang

Secara tidak langsung, pisang dapat berperan penting dalam mengubah suasana hati seseorang. Vitamin B6 yang terdapat di dalam pisang dapat memproduksi serotonin, hormon yang bisa mempertahankan suasana hati menjadi positif.  Oleh karena itu, makanan ini dapat membantu dalam memperbaiki mood dan juga melengkapi asupan nutrisi di dalam tubuh.

Alpukat

Menurut situs greatist, buah alpukat dapat menurunkan gejala kecemasan pada seseorang. Buah ini mengandung vitamin E sebagai antioksidan yang melindungi otak dari radikal bebas. Selain itu, alpukat juga mengandung vitamin B yang tinggi sehingga dapat berkaitan untuk menurunkan stres dan meningkatkan mood. 

Makanan yang Mengandung Probiotik

Probiotik merupakan bakteri yang hidup di usus dan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Di dalam pencernaan, bakteri ini dapat membersihkan usus dan berperan dalam menjaga kesehatan usus. Makanan yang telah difermentasi dan mengandung probiotik memiliki efek menenangkan pada tubuh sehingga bisa membuatmu menjadi rileks dan bahagia. Apalagi, serotonin yang diproduksi oleh tubuh dapat berasal dari sel-sel usus.

Pilihan makanan yang mengandung probiotik, diantaranya yaitu yoghurt, keju, acar, kimchi, dan asinan kubis. Makanan-makanan tersebut dapat dikonsumsi untuk meningkatkan produksi serotonin yang lebih baik. 

Telur

Makanan ini mengandung banyak nutrisi yang berperan dalam perkembangan tubuh. Kuning telur mengandung kolin yang tinggi sehingga dapat membantu mengatur suasana hati, daya ingat, dan gerakan otot. Telur juga memiliki kandungan omega-3, vitamin B, yodium, dan kaya akan protein. Jadi, sebaiknya Sahabat Fimela bisa mengonsumsi telur atau makanan berbahan dasar telur supaya bisa mengendalikan suasana hati menjadi lebih bahagia. Tak hanya praktis, tetapi juga mengenyangkan.

Makanan yang Mengandung Vitamin C

Vitamin C menjadi pilihan terbaik untuk mempertahankan sistem kekebalan tubuh dan menjaga kesehatan secara fisik. Buah dan makanan lainnya yang mengandung vitamin C dapat mengikat radikal bebas sehingga tubuh bisa terjaga dari penyakit berbahaya. 

Bluberi dan stroberi memiliki banyak kandungan vitamin C yang dapat meningkatkan suasana hati. Bluberi merupakan sumber polifenol yang baik, yaitu antioksidan yang bisa membantu dalam melindungi sistem saraf dan meningkatkan kemampuan supaya dapat berpikir jernih. Sementara itu, stroberi juga mengandung antioksidan yang dapat melawan molekul yang tidak stabil di otak. 

Makanan yang Mengandung Magnesium

Magnesium dapat berperan dalam mengatur metabolisme dan membantu untuk menyeimbangkan serotonin pada tubuh. Asupan magnesium bisa didapatkan dari beberapa makanan, seperti sayuran berdaun hijau, biji-bijian, dan juga kacang- kacangan. 

Demikian beberapa makanan yang bisa membuatmu merasa bahagia. Makanan tersebut bisa dikonsumsi saat kamu sedang merasa sedih atau ingin memperbaiki suasana hati yang sedang memburuk. Namun, kamu juga perlu untuk mengonsumsinya dengan porsi yang cukup. Tetaplah mengonsumsi makanan yang sehat dan pilih makanan yang bisa membuatmu merasa bahagia. 

 

Penulis: Syifa Azzahra

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading