Sukses

Food

Cara Praktis Menyimpan Daun Jeruk dan Salam Agar Awet Segar

Fimela.com, Jakarta Daun jeruk dan salam menjadi salah satu dedaunan yang cukup bermanfaat untuk beberapa jenis masakan. Biasanya, kedua daun ini akan dimanfaatkan sebagai bumbu masak penambah aroma wangi dan sedap di setiap masakan khususnya masakan tradisional berkuah seperti gulai, soto dan lodeh. 

Tak jarang daun jeruk dan salam juga digunakan untuk menyamarkan aroma menyengat pada berbagai jenis masakan daging atau ikan. Meski kerap digunakan dalam masakan, kita tentunya tidak setiap hari akan menggunakan daun jeruk dan salam di masakan kita ya Sahabat Fimela. Jika dibiarkan berada di suhu ruang terlalu lama, daun jeruk dan salam akan sangat mudah kering. Sedangkan jika diletakkan di lemari es, ini bisa saja rentan membusuk dan kehilangan aroma wangi khasnya. 

Lantas, seperti apa cara untuk menyimpan kedua daun ini agar awet segar dan memiliki aroma wangi seperti baru dipetik? Yuk, simak caranya yang berikut ini.

Cara Menyimpan Daun Jeruk dan Salam

  1. Saat membeli daun jeruk dan salam, pastikan kamu membeli yang masih segar. Jika kamu tak membelinya, kamu bisa memetiknya langsung dari kedua pohonnya. Ini akan jauh lebih segar dan tahan lama untuk disimpan nantinya. 
  2. Cuci bersih daun jeruk dan daun salam sebelum disimpan. Tapi sebelum memasukkan ke wadah penyimpanan, angin-anginkan keduanya sebentar hingga air bekas cucian kering atau bekurang. 
  3. Simpan daun jeruk dan salam di wadah tertutup. Kamu bisa menyimpannya di stoples atau kantong plastik. 
  4. Letakkan di lemari es bagian luar. Cara ini bisa membuat kedua daun bertahan hingga berminggu-minggu dan awet segar. 
  5. Untukmu yang ingin menyimpan keduanya hingga berbulan-bulan, simpan di freezer lemari es. Ini bisa membuat daun jeruk dan salam tetap segar dalam waktu lama. 

Itulah cara menyimpan daun jeruk dan salam agar bertahan lama dan awet segar berhari-hari bahkan berminggu-minggu. Semoga cara ini bermanfaat dan selamat mencobanya. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading