Sukses

Food

Tak Perlu Jeruk Nipis, Rasa Asin Berlebih pada Ikan Asin Bisa Berkurang dengan 1 Alat Dapur

Fimela.com, Jakarta Ikan sering menjadi pilihan utama ibu-ibu sebagai menu masakan di rumah. Tentu saja, ikan dapat dengan mudah diolah menjadi berbagai hidangan, seperti ikan goreng, sup ikan, pepes, bakso ikan, tumis ikan, dan lain sebagainya. Dengan adanya berbagai variasi masakan ini di rumah, penggemar olahan ikan pasti akan terus bertambah saat makan.

Selain itu, mengonsumsi ikan juga diyakini memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Dilansir dari oehha.gov, ikan kaya akan protein, vitamin, asam lemak omega-3, dan nutrisi lainnya. Selain ikan segar, ikan asin juga bisa menjadi pilihan saat berbelanja. Kelebihannya, ikan asin sudah memiliki bumbu sehingga memasaknya lebih praktis dan memiliki daya tahan yang baik saat disimpan.

Namun, terkadang ikan asin yang dijual di pasaran memiliki rasa asin yang berlebihan, yang dapat mengurangi kenikmatan masakan. Oleh karena itu, banyak orang berusaha mengurangi kadar asinnya sebelum memasak ikan asin. Biasanya, orang merendam ikan asin dalam larutan air garam atau air jeruk nipis untuk mengurangi rasa asinnya.

Selain itu, ada juga cara lain yang tak kalah efektif untuk menghilangkan rasa asin berlebih pada ikan asin, seperti yang dibagikan oleh seorang warganet yang akrab disapa Mama Saaya. Ia mengungkapkan bahwa cara ini hanya membutuhkan satu peralatan sederhana yang dimiliki oleh semua orang di rumah.

Yuk simak informasi selengkapnya, dikutip dari pengguna kanal YouTube Dapur Mama SaaYa, pada Kamis (28/12/2023).

Alat Apa yang Digunakan?

Dikutip dari kanal YouTube Dapur Mama SaaYa, ia mengungkapkan bahwa dalam mengurangi rasa asin pada ikan asin bisa menggunakan kertas bersih atau tisu dapur. Ternyata, kertas dapat membantu menyerap kelebihan garam yang melekat pada ikan asin.

“Larutan garam yang berlebih pada ikan asin akan ikut terserap oleh kertas,” ujar pemilik akun YouTube Dapur Mama SaaYa.

Langkah Pertama

Sediakan wadah untuk menempatkan ikan asin kemudian persiapkan selembar kertas. Kertas ini akan menjadi peran utama dalam mengurangi kadar asin berlebih pada ikan asin. Pastikan kertas dalam keadaan bersih dan bebas dari tinta atau coretan apapun.

"Kertas yang bersih ya bunda, kalau nggak di dapur pasti ada kertas tisu, ya, tisu dapur,” jelasnya lebih lanjut.

Langkah Kedua

Kemudian, robeklah kertas hingga sesuai untuk dimasukkan ke dalam mangkuk. Letakkan sebagian dari sobekan kertas ke dalam wadah, setelah itu tambahkan air dan masukkan ikan asin ke dalamnya.

Langkah Ketiga

Selanjutnya, tutuplah kembali ikan asin menggunakan potongan kertas yang tersisa. Pastikan ikan asin dan kertas tercelup sepenuhnya. Rendam ikan asin beserta kertas selama 10 hingga 15 menit.

Langkah Keempat

Setelah mengalami perendaman selama beberapa menit, cuci dan tiriskan ikan asin. Kemudian, keringkan ikan asin sebelum diolah menjadi hidangan utama masing-masing. Dipastikan, rasa ikan asin ini akan terasa lebih ringan karena kelebihan rasa asinnya telah berhasil diserap oleh kertas.

Apakah Ikan Asin Tinggi Garam?

Ikan asin mengandung tingkat garam yang tinggi yang dapat menimbulkan peningkatan tekanan darah.

Apakah Ikan Asin Harus Dicuci Sebelum Dimasak?

Sebelum proses memasak, bersihkan ikan asin terlebih dahulu dengan air mengalir. Tindakan membersihkan ikan asin dengan menggunakan air mengalir dapat mengurangi tingkat garam yang terdapat di dalamnya. Selain itu, cara ini juga efektif untuk menghilangkan debu dan kotoran yang menempel pada ikan selama proses pengasinan.

Apa Manfaat Makan Ikan Asin?

Ikan asin juga memiliki kandungan vitamin A yang tinggi. Vitamin juga sangat baik untuk ketahanan dan kekebalan tubuh kamu. Manfaat vitamin A ini, tentu saja akan sangat bermanfaat bagi kesehatan mata kamu, seperti, mencegah katarak, mencegah mata minus dan plus serta mencegah degenerasi makula.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading