Sukses

Food

Cara Menggoreng Bawang Merah agar Lebih Renyah dan Tahan Lama

0(0)

Berikan Rating Untuk Resep Ini

Thanks For Rating!

Terima kasih sudah membantu banyak orang dengan ratingmu

Fimela.com, Jakarta Bawang merah menjadi salah satu bumbu yang penting digunakan untuk berbagai masakan di seluruh dunia. Bawang merah akan memberikan cita rasa manis dan aromatik yang khas. Sehingga membuat masakan tak hanya enak tetapi juga gurih, sedap dan menggugah selera. 

Menggoreng bawang merah secara baik dan tepat, bisa menghasilkan hasil akhir yang renyah dan tahan lama. Bawang merah goreng yang renyah sendiri, sebagai salah kunci untuk menambahkan rasa dan tekstur yang lezat pada setiap hidangan yang kamu buat. Berikut merupakan beberapa tips dan trik untuk menggoreng bawang merah agar lebih renyah dan tahan lama. 

Pemilihan Bawang Merah yang Tepat

Tips pertama ada pemilihan bawang merah yang tepat. Pilih bawang merah yang segar dan padat, dengan kulit yang kering dan tidak terlalu berlapis. Bawang merah yang segar cenderung memiliki rasa yang lebih manis. Ini juga punya tekstur yang lebih renyah setelah digoreng.

Potong Bawang Merah dengan Rapi Seragam

Potong bawang merah dengan irisan yang tipis dan seragam, untuk memastikan bahwa mereka akan matang dengan baik dan merata saat digoreng. Potongan yang terlalu tebal atau tidak seragam bisa menyebabkan beberapa bagian gosong, sementara yang lain masih mentah dan basah.

Panaskan Minyak dengan Suhu Tepat

Panaskan minyak dalam wajan atau penggorengan dengan suhu tepat, yakni suhu sedang. Jika minyak terlalu panas, bawang merah bisa dengan mudah menjadi gosong sebelum sempat matang. Sementara jika terlalu hangat, ini akan membuat bawang goreng yang dihasilkan lembek dan terlalu banyak menyerap minyak. 

Gunakan Minyak yang Tepat

Minyak sayur atau minyak kedelai biasanya merupakan pilihan yang baik untuk menggoreng bawang merah. Hal ini karena minyak tersebut memiliki titik asap yang tinggi dan rasa yang netral. Penggunaan minyak yang tepat dan masih baru, tidak akan mengubah rasa pada bawang merah.

Tambahkan Sedikit Garam

Tambahkan sedikit garam ke dalam minyak yang sudah panas sebelum memasukkan bawang merah. Ini membantu meningkatkan rasa bawang merah jadi lebih gurih. Ini juga membantu dalam mempercepat proses pengeringannya, sehingga hasilnya menjadi lebih renyah dan kriuk. 

Pisahkan Bawang Merah

Pastikan untuk memisahkan irisan bawang merah sebelum kamu memasukkannya ke dalam minyak panas. Memasukkan terlalu banyak bawang merah sekaligus, bisa menurunkan suhu minyak. Ini mengakibatkan hasil akhir yang tidak renyah, bawang goreng menggumpal dan terlalu menyerap minyak.

Goreng dengan Cukup Lama

Goreng bawang merah dengan api sedang hingga keemasan kecoklatan, aduk secara teratur untuk memastikan mereka matang dengan merata dan tidak gosong di satu sisi. Proses ini biasanya memakan waktu sekitar 10-15 menit tergantung pada jumlah dan ketebalan bawang merah yang digunakan.

Saring dan Tiriskan dengan Baik

Setelah bawang merah mencapai tingkat keemasan yang diinginkan, angkat dari minyak panas dan tiriskan pada selembar kertas tisu atau saringan. Ini dilakukan agar kelebihan minyak bisa terserap dengan baik. Angin-anginkan bawang goreng yang telah matang hingga dingin dan mengeras, sebelum disimpan dalam wadah kedap udara.

Itulah sekian cara yang perlu diperhatikan untuk menggoreng bawang merah agar lebih renyah, kriuk dan tahan lama. Dengan mengikuti cara ini, diharapkan kamu bisa menggoreng bawang merah dengan sempurna sehingga mereka menjadi renyah berkualitas. Semoga informasi ini bermanfaat. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Berikan Rating Untuk Resep Ini

Thanks For Rating!

Terima kasih sudah membantu banyak orang dengan ratingmu

Loading