Sukses

Health

4 Jenis Makanan yang Efektif Meningkatkan Jumlah Trombosit

Trombosit adalah sel darah merah yang berperan dalam pembekuan darah. Jumlah trombosit normal adalah 150 liter ribu/ mikro darah sampai 450 ribu. Jika jumlah trombosit kurang dari itu, maka seseorang pasti memiliki masalah dengan kesehatannya. Di antara masalah kekurangan trombosit antara lain adanya kanker, infeksi, atau serangan demam berdarah. Dalam beberapa kasus, orang hamil juga mungkin mengalami penurunan trombosit.

Dalam kasus demam berdarah, jika seseorang sudah pada tingkat kritis, bisa menyebabkan pendarahan, baik saat buang air besar, ketika muntah atau mimisan. Hal ini karena sel-sel darah merah pecah dan pembekuan darah tidak ada. Kondisi ini sangat berbahaya, karena bisa mengancam jiwa.

Melansir dari thealthbenefitsof.com, berikut ini adalah beberapa jenis makanan yang dapat meningkatkan jumlah trombosit. Penasaran? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini. 

1. Sayuran Berdaun Hijau

Sayuran berdaun hijau yang sangat bagus untuk meningkatkan trombosit Anda. Satu senyawa dalam sayuran hijau adalah vitamin K, vitamin K membantu dalam pembekuan sel darah merah, sehingga kerusakan sel yang disebabkan oleh virus tertentu bisa diatasi.

 

2. Antioksidan

Selanjutnya, makanan untuk meningkatkan jumlah trombosit adalah makanan yang mengandung antioksidan. Pepaya adalah salah satu dari makanan yang banyak mengandung antioksidan tinggi. Mengkonsumsi pepaya atau jus pepaya sangat baik untuk meningkatkan trombosit.

3. Vitamin C

Mengkonsumsi makanan yang kaya akan vitamin C seperti brokoli, tomat, paprika dan berbagai buah jeruk seperti jeruk dan lemon. Vitamin C memiliki peran kesehatan untuk meningkatkan trombosit dalam darah.

4. Kalsium

Makanan untuk meningkatkan jumlah trombosit adalah makanan yang mengandung kalsium. Sumber terbaik kalsium adalah susu, atau makanan yang terbuat dari susu seperti seperti keju.

Menjaga kesehatan tubuh dengan makan-makanan bergizi sangat baik untuk kesehatan. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat. 

#WomenforWomen

What's On Fimela
Loading