Sukses

Health

10 Organ Unik di Tubuh Hanya Dimiliki Pada 5 Persen Orang

Fimela.com, Jakarta Satu orang dengan orang yang lain tentu berbeda, mulai dari sifat, kesukaan, kesehatan fisik, bahkan postur tubuh. Namun, beberapa dari kita memiliki fitur tubuh yang langka dan hanya beberapa persen orang saja di dunia ini yang memiliki hal tersebut.

Melansir Brightside, berikut beberapa organ tubuh yang hanya dimiliki segelintir orang yang bahkan membuat superhero iri. Apa saja? Simak ulasannya.

1. Tulang yang sangat padat

Mempelajari gen LRP5 (bertanggung jawab atas mineralisasi tulang), para ilmuwan menemukan mutasi yang menyebabkan penyakit yang disertai dengan kerapuhan tulang.

Namun ada jenis lain dari mutasi LRP5, itu memberi seseorang tulang super padat yang hampir tidak mungkin patah dan kulit yang kurang rentan terhadap penuaan.

Meski terdengar keren, ada kekurangannya. Ketika seorang pasien lanjut usia membutuhkan penggantian sendi yang aus, tulangnya yang terlalu padat tidak memungkinkan dokter untuk membantunya.

2. Darah "emas"

Ini bukan emas dalam arti harfiah, tetapi memiliki fitur unik: tidak mengandung antigen.

Fitur ini ditemukan pada tahun 1961, dan saat ini diketahui sekitar 40 orang dengan darah "emas" ini.

9 dari mereka adalah donor yang sangat berharga karena darah cocok untuk semua penerima.

3. Otot palmar panjang

Otot ini adalah "warisan" nenek moyang kita yang biasa memanjat pohon.

Untuk memeriksa apakah memilikinya, letakkan telapak tangan di atas permukaan yang rata. Sentuh jari kelingking dan ibu jari, dan angkat sedikit.

Jika melihat ligamen di pergelangan tangan, maka kalian pemilik otot palmar yang panjang. Jangan khawatir itu tidak membahayakan.

4. Chimerisme genetik

Mitos Yunani kuno menggambarkan chimera sebagai makhluk dengan kepala dan leher singa, belalai kambing, dan ekor ular. Chimerisme manusia adalah satu set DNA tambahan.

Kadang-kadang muncul dalam bentuk kulit "mosaik" atau heterokromia, tetapi paling sering tidak diperhatikan.

Chimerism tidak berbahaya, tetapi dapat menyebabkan masalah keluarga. Ada kasus di mana seorang ibu hampir kehilangan anak-anaknya karena analisis genetik menunjukkan bahwa mereka tidak memiliki hubungan darah.

5. Garis bulu mata ganda

Ini adalah kelainan genetik langka yang disebut "distichiasis." Pemilik bulu mata "ganda" yang paling terkenal adalah bintang Hollywood Elizabeth Taylor.

Distichiasis biasanya tidak membawa ketidaknyamanan. Namun dalam beberapa kasus, baris kedua bulu mata bisa terlalu dekat dengan selaput lendir mata, sehingga menyebabkan iritasi.

6. Tulang rusuk tambahan

Tulang rusuk "berlebihan" lebih sering ditemukan pada perempuan.

Tulang rusuk seperti itu juga disebut serviks, karena terletak di daerah tulang belakang leher. Ukuran mereka bervariasi dari pertumbuhan kecil hingga tulang rusuk penuh.

Dalam kebanyakan kasus tidak memengaruhi kesehatan dan kesejahteraan seseorang, tetapi kadang-kadang mencapai ukuran yang mengesankan dan menyebabkan ketidaknyamanan.

7. Sebuah lubang di dekat telinga

Ini adalah fistula aurikularis kongenital, terbentuk selama perkembangan janin, terjadi pada sekitar 5% orang.

Ini dianggap sebagai atavisme, mengingatkan fakta bahwa nenek moyang semua makhluk hidup pernah memiliki insang. "Lubang" ini sering diwariskan secara genetik dan dapat hadir pada satu atau kedua telinga.

Itu bisa diangkat melalui pembedahan, tetapi itu sendiri tidak berbahaya.

8. Kemampuan untuk merasakan warna tak terlihat

Fitur lain yang lebih umum ditemukan pada perempuan adalah tetrakromasi: kemampuan untuk membedakan warna jauh lebih baik daripada orang biasa.

Perbedaan ini memungkinkan orang untuk melihat hingga 99 juta warna, sementara orang biasa merasakan tidak lebih dari 1 juta.

9. Kebutuhan tidur sedikit

Orang-orang ini dapat sepenuhnya memulihkan kekuatan dua kali lebih cepat dari kebanyakan dari oranglain. Di antara yang beruntung tersebut adalah Margaret Thatcher, Salvador Dali, Winston Churchill, dan Nikola Tesla.

Dan ini bukan hanya tentang rejimen tidur yang tepat. Gen DEC2 adalah mutasi kecil yang ditemukan pada orang yang kurang tidur. Para ilmuwan dari University of California sampai pada kesimpulan bahwa orang dengan mutasi DEC2 dapat melakukan semua tugas yang sama dalam waktu yang lebih singkat.

10. Ketidakmungkinan pertumbuhan kolesterol

Ada sekelompok kecil orang beruntung yang bisa makan hampir apa saja tanpa mengkhawatirkan kolesterol. Risiko mereka terkena penyakit jantung berkurang sebanyak 90%.

Alasannya adalah mereka tidak memiliki cukup salinan gen PCSK9 yang berfungsi.

Perusahaan farmasi memutuskan untuk mengambil keuntungan dari ini dan mulai membuat obat yang akan memblokir PCSK9.

#elevate women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading