Sukses

Health

Ini Pentingnya Asupan Vitamin D Selama Serangan COVID-19

Fimela.com, Jakarta Jika dibanding kebutuhan vitamin A, B dan C untuk tubuh, orang sepertinya lebih sering mengabaikan kebutuhan vitamin D. Padahal di masa pandemi ini kebutuhan vitamin D justru memegang peran penting dalam menjaga kesehatan tubuh.

Meskipun Indonesia memiliki waktu sinar matahari sepanjang hari namun kekurangan vitamin D tetap bisa terjadi apalagi di masa pandemi COVID-19, terutama bagi mereka yang hanya diam di rumah menghindari sinar matahari.

Penelitian tahun 2008 yang diterbitkan dalam jurnal Archives of Internal Medicine menemukan bahwa kadar vitamin D dalam darah yang rendah mampu meningkatkan risiko kematian dua kali lipat akibat masalah kardiovaskular pada perempuan maupuan pria dengan rata-rata usia 62 tahun.

Pentingnya asupan vitamin D

Awalnya, fungsi utama vitamin D adalah membantu penyerapan kalsium dalam tubuh namun ternyata vitamin D juga memegang peran penting dalam membantu mengendalikan sejumlah besar gen, termasuk beberapa yang terkait dengan kanker, penyakit autoimun, dan infeksi. Jadi tak heran jika selama serangan covid-19 banyak orang disarankan berjemur atau mendapatkan sinar matahari demi menjaga kesehatan.

Bukan hanya itu, penelitian yang diterbitkan dalam Archives of General Psychiatry juga menemukan bahwa kekurangan vitamin D dapat meningkatkan risiko depresi baik pada perempuan maupun laki-laki, terutama pada orang lanjut usia. Orang yang berjemur untuk mendapatkan sinar matahari selama berjuang sembuh dari COVID-19 diharapkan tidak merasa stres atau Depresi hingga memiliki motivasi besar untuk sembuh.

Jadi, jangan abaikan memenuhi kebutuhan vitamin D setiap hari, bukan hanya untuk mencegah serangan virus corona tapi juga menguatkan tubuh selama serangan COVID-19.

#ElevateWoman with Fimela

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Jenis Asupan Vitamin dan Nutrisi yang Mendukung Imunitas Anak Saat Hadapi Pembelajaran Tatap Muka
Artikel Selanjutnya
Bukan Kopi, Kebiasaan Minum Teh di Pagi Hari yang Membuat Awet Muda