Sukses

Health

7 Perabotan Rumah Tangga yang Bisa Digunakan sebagai Alat Olahraga di Rumah

Fimela.com, Jakarta Olahraga di rumah kini menjadi tren dan gaya hidup yang diterapkan sejumlah orang. Mengingat kita masih dalam kondisi pandemi yang membuat kita tidak bebas keluar rumah termasuk ke tempat gym untuk berolahraga. Untuk bisa olahraga di rumah, kita tidak perlu membeli alat-alat seperti di tempat gym yang mahal, karena kamu bisa menggunakan perabotan yang ada, seperti botol bekas, kursi, piring kertas dan sebagainya. Selain mendapatkan manfaat kesehatan, cara ini juga pasti lebih hemat.

Seperti yang dilansir dari Goper Sport, Jumat (10/9/2021) inilah beberapa perabotan rumah tangga yang bisa dijadikan alat olahraga di rumah.

1. Botol minum

Jika kamu punya beberapa botol bekas minuman kemasan di rumah, jangan langsung dibuang karena kamu bisa menggunakannya sebagai pengganti dumble dan burble. Kamu bisa mengisi ulang dengan air biasa lalu digunakan sebagai alat olahraga angkat beban.

2. Sofa

Meski menajdi tempat paling nyaman untuk bersantai di rumah, tapi juga bisa digunakan untuk fitnes. Perabotan ini dapat digunakan untuk trisep dips, push-up yang ditinggikan, atau menahan beban lainnya. Selain tidak memakan tempat, kamu bisa berolahraga dengan nyaman.

3. Kursi

Jika kamu tidak yakin dengan teknik jongkok yang benar saat melakukan squat, maka kamu bisa menggunakan bantuan kursi. Taruh kursi di belakang badan dan lakukan gerakan seolah-olah akan duduk, namun jangan sampai menyentuh kursi dan langsung angkat badan ke atas.

4. Ransel

Kamu dapat mengisi ransel dengan berbagai barang agar berat kemudian menggunakannya untuk melatih keseimbangan atau daya tahan kardio. Bawa ransel seperti biasa di belakang punggung dan gunakan selama beraktivitas di sekitar lingkungan rumah. Cukup mudah, bukan?

5. Piring kertas

Kamu bisa menggunakan piring kertas untuk membuat gerakan cakram meluncur, dengan menaruh telapak tangan dan telapak kaki di tengah piring lalu melakukan gerakan meluncur mulus di lantai.

6. Tali jemuran

Jika di rumah kamu memiliki tali bekas jemuran yang putus atau tak terpakai maka kamu bisa menggunakannya sebagai alat olahraga skipping jika tidak ada tali skippt. Lakukan gerakan seperti biasa dengan melompat sambil memutar tali dari depan ke belakang.

7. Tangga

Naik turun tangga ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, jadi kamu bisa menggunakan bangunan tangga di rumah sebagai tempat berolahraga. Mulailah dengan latihan ringan, naik tangga selama 15-30 menit setiap harinya. Jika rutin dilakukan, kamu akan mendapatkan sejumlah manfaat, seperti menguatkan jantung dan paru-paru, menguatkan otot dan tulang, mengendalikan gula darah hingga memelihara kesehatan otak.

Dengan menggunakan perabotan di rumah sebenarnya kita juga bisa melakukan olahraga seperti di tempat gym dengan manfaat yang sama. Terlebih di masa pandemi seperti saat ini, lebih baik kita berolahraga di rumah saja.

 

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading