Sukses

Health

Penjelasan dan Penyebab Istihadhah

Fimela.com, Jakarta Istihadhah adalah darah yang keluar dari kemaluan wanita di luar tanggal haid, biasanya hal ini juga dapat disebabkan karena melahirkan. Biasanya perempuan yang haid akan mengalami masa hadi selama 6-8 hari dan paling lama 15 hari.

Tahukah kamu ternyata bagi perempuan yang sedang mengalami masa istihadhah juga dilarang untung meninggalkan ibadahnya, seperti shalat, puasa, dan ibadah lainnya. Hal ini dikarenakan darah istihadhah merupakan darah penyakit, maka itu tidak akan berhenti mengalir sampai sembuh dengan sendirinya.

Nah untuk kamu yang masih asing dengan istilah istihadhah ada beberapa penjelasan mengenai istihadhah yang perlu kamu tahu beserta penyebab istihadhah yang biasa terjadi pada perempuan, berikut penyebab istihadhah:

Pengertian Istihadhah

Darah istihadhah adalah darah yang keluar dari kemaluan wanita di luar masa atau siklus haid, yang dapat kita ketahui darah ini bukanlah darah haid yang memiliki jeda antara waktu haid hingga waktu suci. Pendrahan ini dalam istilah medis disebut sebagai mennorhagia, namun dalam islam kita menyebutnya istihadhah.

Hal ini juga dapat disebabkan kondisi kormon seorang perempuan, biasanya kita juga daoat mengenali darah istihadhah dari warna atau bau darah tersebut. Darah istihadhah pada umumnya bewarna merah terang, tidak kental, dan tidak berbau seperti darah haid pada umumnya.

Dalam islam juga menjelaskan mengenai darah istihadhah, yaitu yang pertama darah istihadhah yang keluar tanpa terputus. Seperti yang diadukan oleh Fathimah binti Abi Hubaisy radhiallahu ‘anha kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam riwayatnya shahih al Bukahari, “Ya Rasulullah! Sesungguhnya aku tidak suci” , atau seperti riwayat lainnya, “Aku didatangi istihadhah maka aku tidak suci”.

Yang kedua adalah darah istihadhah yang terputus atau terdapat jeda sebentar, Dalam hadis terdapat kisah Himmah binti Jahsy radhiallahu ‘anha yang menemui Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, lalu berkata, “Ya Rasulullah, sesungguhnya aku di datangi darah istihadhah yang banyak”

Bagi kamu yang beragama muslim, ternayata jika kamu sedang mengalami masa istihadhah tidak boleh minggalkan ibadah, seperti shalat, puasa, dan sebagainya. Karena darah istihadhah termasuk darah penyakit. Namun secara medis kita dapat menyebutnya sebagai menorrhagia, hal ini dapat terjadi sesekali, mestruasi yang berkepanjangan iji juga bukanlah kondisi yang berbahaya.

Penyebab Istihadhah

1. Ketidakseimbangan Hormon

Kondisi hormone yang tidak seimbang juga dapat menjadi penyebab terjadinya menstruasi berkepanjangan atau istihadhah,jika jumlah hormin dalam tubuh perempuan tidak seimbang, jaringan dinding rahim atau endometrium akan meluruh secara berlebihan, sehingga dapat menyebabkan istihadhah.

2. Gangguan Fungsi Indung Telur

Biasanya gangguan indung telur (ovarium) juga dapat disebabkan karena produksi hormon, hesterogen dan progesteron yang berperan dalam mengatur menstruasi. Hal ini juga dapat menyebabkan masalah pada indung telur yang membuat gangguan menstruasi tidak teratur atau menstruasi berkepanjangan.

3. Endometriosis

Endometriosis rahim terjadi ketika jaringan endometrium, yang membuat lapisan bagian dalam rahim, yang tumbuh di luar rahim. Selain itu Endometriosisi juga dapat menyebabkan pendarahan serta kram atau nyeri yang tidak normal sebelum dan selama menstruasi.

Cara mengatasi istihadhah yang perlu kamu lakukan, berikut beberapa langkah yang dapat kamu coba :

  • Terapi hormonal, kamu dapat melakukan terapi ini jika mengalami mestruasi yang berkepanjangan diakibatkan gangguan hormon.
  • Obat-obatan, obat juga dapat diberikan untuk mengatasi menstruasi yang berkepanjangan biasanya kamu dapat mengonsumsi obat antiinflamasi nonsterois, seperti paracetamol.
  • Operasi, jika kamu mengalami menstrausi yeng berkepanjangan sebabkan oleh tumor atau kanker pada rahim, sebaiknya kamu mencoba langkah untuk operasi.

Nah itulah beberapa cara yang harus kamu coba ketika kamu sedang mengalami masa istihadhah, namun ada baiknya jika menstruasi yang berkepanjangan tak kunjung henti segera leakukan pengobatan medis.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading