Sukses

Health

Hindari Minuman dan Makanan Ini agar Gigi Tidak Menguning

Fimela.com, Jakarta Mempunyai gigi yang bewarna kuning memang bikin kamu jadi kurang pede. Hal tersebut karena gigi yang kuning selalu memberi kesan gigi yang kurang bersih. Namun, ternyata penyebab gigi bisa bewarna kuning itu karena makanan dan minuman yang kamu konsumsi loh. Penasaran ga sih minuman dan makanan apa aja nih yang dapat memicu gigi berwarna kuning? Simak penjelasannya di bawah ini.

1. Kopi

Ternyata kopi bisa membuat gigi kamu jadi kuning loh! Karna lapisan terluar gigi sangat berpori-pori, makanya makanan dan minuman yang bewarna gelap seperti kopi akan mudah menempel di gigi. Kopi juga mengandung asam yang tinggi dan dapat mengikis lapisan terluar yang melindungi gigi.

2. Teh

Wah ternyata teh juga bisa buat gigi kamu kuning nih! Penyebabnya sama dengan kopi karena teh mempunyai warna yang gelap sehingga bisa menempel dengan mudah di gigi.

3. Jus dan buah-buahan

Kedua jenis makanan dan minuman ini memang membuat tubuh menjadi sehat. Namun, ternyata jus dan buah-buahan dapat membuat gigi mu menjadi berwarna kuning loh! Karena jus mengandung gula yang dapat meningkatkan bakteri di dalam mulut sehingga membuat gigi menjadi kuning. Selain itu, buah-buahan yang bisa membuat gigi menjadi warna kuning yaitu buah yang berpigmentasi tinggi seperti buah berry dan cherry.

4. Makanan yang mengandung asam

Makanan yang asam bisa juga membuat gigi mu menjadi warna kuning. Makanan yang mengandung asam misalnya saus tomat, pizza, lemon, jeruk, dan lain-lain. Jika kamu ingin mengonsumsi makanan asam sebaiknya makan sayur-sayuran terlebih dahulu untuk mengikis noda yang akan menempel pada gigi dan minum juga air putih setelahnya. Jangan mengonsumsi makanan dan minuman asam secara bersamaan ya!

5. Permen dan cokelat

Walaupun enak dan dapat membangkitkan mood, tapi permen dan cokelat ini dapat membuat gigi mu menjadi warna kuning. Hal itu dikarenakan sisa permen yang kamu makan dapat terkunci di antara gigi mu dan akhirnya bakteri di dalamnya bertumbuh dan menghasilkan asam. Kalau kamu lagi pengen banget makan permen dan cokelat, sebaiknya pilihlah permen dan cokelat yang sifatnya tidak terlalu lengket dan manis.

Nah itu dia beberapa minuman dan makanan yang ternyata bisa membuat gigi mu menjadi kuning. Mulai sekarang coba untuk menghindari makanan dan minuman tersebut yaa!

Ditulis: Adjeng Dwi Fitriani

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading