Sukses

Health

5 Cara Mudah untuk Mengatasi Risiko Depresi

Fimela.com, Jakarta Depresi merupakan masalah kesehatan mental yang sering terjadi. WHO atau The World Health Organization mencatat bahwa sedikitnya ada 350 juta orang di dunia mengalami depresi. Depresi bisa dialami orang dewasa bahkan anak-anak yang masih sangat belia. 

Melansir dari laman healthline.com, depresi disebabkan oleh beberapa penyebab. Penyebab tersebut mulai dari tekanan dari anggota keluarga, putus cinta, tidak kunjung mendapat pekerjaan meski telah lama menganggur, masalah ekonomi bahkan korban bullying. 

Mengenai depresi, cara paling umum untuk mengatasinya adalah dengan berobat ke psikolog. Meski begitu, ada beberapa cara mudah dan alami yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah depresi. Berikut caranya.

Jangan Biarkan Penderita Depresi Sendirian

Saat seseorang dilanda depresi, pastikan agar tidak membiarkannya sendirian. Mengurung diri dan menjadi pribadi tertutup justru akan memperparah depresi yang dialami. Saat seseorang mengalami depresi, penting baginya untuk berkumpul dengan orang-orang di sekitarnya. Pastikan agar ia berada di dekat orang-orang yang menyayangi, mencintai dan memberinya motivasi untuk lebih semangat serta bahagia. 

Tekuni Hobi yang Disukai

Menekuni hobi yang disukai akan membuat suasana hati semakin baik. Ini juga akan membantu otak berpikir lebih positif mengenai hobi yang digeluti. Saat otak fokus pada sebuah hobi, ini akan mengalihkan pikiran seseorang dari hal-hal yang membuatnya depresi. Jika kamu mengalami depresi, pastikan untuk menggeluti hobi terbaikmu. Namun ingat, hobi yang digeluti haruslah hobi yang bermanfaat dan positif.

Miliki Pola Hidup Sehat

Salah satu masalah umum yang dialami penderita depresi adalah memiliki pola hidup yang berantakan dan tak sehat. Pola hidup tak sehat selama depresi akan memperparah depresi yang dialami. Pola hidup tak sehat juga rentan membuat seseorang lebih mudah sakit. Jadi penting bagi penderita depresi untuk memiliki pola hidup sehat, pola makan dan minum sehat serta tidur cukup setiap harinya.

Luangkan Waktu untuk Berlibur

Para ahli menyebutkan jika berlibur bisa mengatasi depresi. Luangkan waktumu sejenak untuk berlibur ke tempat-tempat yang mampu merefres otak baik itu ke gunung, pantai atai wisata alam yang menyejukkan lainnya. Selain mengatasi risiko depresi, berlibur juga bermanfaat mengatasi stres yang rentan menyerang siapa saja karena aktivitas yang terlalu padat.

Singkirkan Pikiran Negatif

Sebisa mungkin cobalah untuk menyingkirkan segala pikiran negatif dalam dirimu. Pikiran negatif hanya akan membuat depresi yang diderita semakin parah. Cobalah untuk selalu berpikir positif ke depannya. Gunakan logikamu sebaik mungkin. 

Menyingkirkan pikiran negatif tak hanya membuatmu sembuh dari depresi tetapi juga mencegah risiko depresi. Ini juga membuatmu menjadi pribadi yang lebih bahagia serta penuh semangat. 

Itulah beberapa cara mudah untuk mengatasi masalah depresi. Semoga informasi ini bermanfaat.

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading