Sukses

Health

Tidur Setelah Sahur Bisa Meningkatkan Risiko Obesitas Hingga Stroke

Fimela.com, Jakarta Setelah makan sahur, pastikan untuk tidak langsung tidur Sahabat Fimela. Tidur setelah sahur bisa meningkatkan berbagai risiko masalah kesehatan mulai dari obesitas hingga stroke. Para ahli mengungkapkan jika tidur setelah sahur bisa mengganggu kesehatan tubuh. Kebiasaan tidur setelah sahur atau makan di hari-hari biasa, bisa saja menyebabkan berbagai macam bahaya buat kesehatan.

Melansir dari laman healthline.com, kebiasaan tidur setelah makan bisa meningkatkan asam lambung. Ketika asam lambung naik, ini tak hanya membuat tubuh terasa tidak nyaman tetapi juga menimbulkan bahaya lainnya.

Tidur Setelah Sahur Menyebabkan Obesitas

Penelitian menemukan jika kebiasaan tidur setelah makan bisa meningkatkan risiko obesitas dua kali lipat lebih besar bagi orang-orang yang memiliki riwayat keluarga dengan tubuh obesitas. Saat tertidur, makanan yang masuk ke dalam pencernaan tidak bisa dicerna dengan baik. Makanan ini nantinya juga akan berpotensi menumpuk menjadi lemak karena saat tidur tubuh tidak mengeluarkan energi yang banyak.

Kebiasaan Tidur Setelah Makan Menyebabkan Stroke

Stroke menjadi salah satu penyakit paling ditakuti oleh sebagian besar orang. Para ahli menyebutkan jika orang-orang yang punya kebiasaan tidur setelah makan lebih rentan terhadap risiko stroke. Kenapa hal ini bisa terjadi? Saat tidur aliran darah yang menuju otak harus tetap terjaga, namun saat lambung terisi makanan, maka asupan aliran darah pun akan terbagi. Jika hal ini terjadi terus menerus, otak bisa kekurangan asupan oksigen dan inilah yang kemudian meningkatkan risiko stroke. 

Tak hanya obesitas dan stroke, kebiasaan tidur setelah makan atau sahur juga bisa menyebabkan gangguan pencernaan hingga diabetes. Untuk itu, pastikan untuk tidak langsung tidur setelah makan atau sahur. Selepas makan sahur, usahakan untuk beraktivitas sambil menunggu adzan subuh dan jangan langsung tertidur. 

Semoga informasi ini bermanfaat. Selamat menjalankan ibadah puasa bagi yang menjalankannya. 

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading