Sukses

Health

4 Penyebab Hidung Bengkak Pada Satu Sisi yang Sering Terjadi

Fimela.com, Jakarta Pembengkakan hidung bisa membuat kita khawatir dan terkadang sangat menyakitkan, pembengkakan di bagian dalam hidung biasanya juga disebabkan oleh iritasi dari benda, peradangan karena alergi, maupun polip hidung. Pembengkakan pada hidung bagian luar juga dapat disebabkan oleh reaksi alergi atau trauma akibat cedera.

Pembengkakan di hidung pada satu sisi atau keudanya merupkan kondisi yang biasa dan dapat memiliki gejala terkait kemerahan, panas, mimisan, atau hidung tersumbat. Pembengkakan hidung pada satu sisi juga dapat disebabkan oleh infeksi kulit seperti selulitis, trauma akibat pukulan ke wajah atau mungkin reaksi dari alergi.

Banyak penyebab yang membuat hidung bengkak tiba-tiba, hal ini membuat kita merasa tidak nyaman dan khawatir. Akan tetapi, sebelum kamu melakukan perawatan hidung bengkak ada baiknya untuk mengetahui penyebabnya terlebih dahulu, berikut beberapa penyebab hidung bengkak yang sering terjadi:

Penyebab Pembengkakan Hidung Satu Sisi

1. Infeksi

Kemungkinan penyebab pembengkakan hidung yang berhungungan dengan infeksi adalah:

Infeksi kulit : Infeksi bakteri atau jamur pada kulit hidung ini biasanya dapat menyebabkan pembengkakan, infeksi kulit juga biasanya akan terjadi ketika luka kecil atau luka pada kulit yang terkena oleh bakteri. Ketika infeksi ini mencapai lapisan pada kulit maka dapat disebut sebagai selulitis.

2. Trauma

Jika adanya cedera pada hidung yang membengkak biasanya dapat disebabkan oleh trauma karena adanua pukulan yang langsung ke wajah, kecelakaan mobil, atau tindik hidung yang dapat menyebabkan pembengkakan pada bagian luar hidung. Pembengkakan ini dapat terjadi karena darah atau cairan yang terkumpul di bawah kulit tipis hidung yang sering dikaitkan dengan kelainan bentuk hidung.

3. Penyakit Sistemik

Penyakit autoimun : Penyakit autoimun biasanya dapat terjadi ketika sistem kekebalan yang bekerja untuk melindungi dari penyakit dan infeksi mulai menyerang sel-sel sehat yang membentuk tubuh.

4. Alergi

Orang yang mengalami alergi biasanya akan merasakan pembengkakan pada hidung yang menyebabkan kesulitan bernapas melalui sisi yang terkena, gejala satu ini biasanya akan keuar seperti cairan dari hidung, mata yang gatal, dan bersin.

Gejala Pembengkakan Hidung Satu Sisi

Pembengkakan seringkali merupakan reaksi normal yang dimiliki oleh tubub sebagai respons terhadap cedera, biasanya akan muncul sebagai pembesaran abnormal dari bagian tubuh dan dapat dialokasikan ke area kecil atau bahkan lebih umum. Berikut beberapa gejala yang terkait dengan pembengkakan satu sisi di dalam hidung yang termasuk:

  • Nyeri tekanan atau disekitar dahi, mata, pipi, atau hidung.
  • Kesulitan bernapas melalui sisi yang sakit.
  • Indera penciuman yang berkurang.
  • Hidung meler.
  • Berdarah.

Berikut beberapa gejala yang terkait dengan pembengkakan pada satu sisi di luar hidung yang termasuk:

  • Rasa sakit atau nyeri di sekitar pembengkakan.
  • Hidung berdarah.

Hidung yang bengkak mungkin sering dialami oleh banyak orang, biasanya hal ini juga dapat hilang dengan sendirinya tanpa adanya perawatan yang serius. Akan tetapi, ada baiknya jika kamu periksa ke dokter agar mengetahui penyebab dan mendapatkan perawatan yang tepat.

 

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading