Sukses

Health

5 Penyebab Hidung Berkeringat, Apakah Berbahaya untuk Tubuh?

Fimela.com, Jakarta Semua orang tentu akan merasa berkeringat terutama dalam kondisi tertentu, hal ini menandakan tubuh yang normal dan dapat membantu untuk mengatur suhu tubuh kita. Beberapa orang biasanya akan merasa berkeringat pada bagian wajah, kepala, ketiak, tangan, kaki, dan selangkangan.

Jika kamu merasakan keringat berlebih dari bagian kepala dan wajah, terutama bagian hidung mungkin saja kamu memiliki kondisi medis yang dikenal sebagai hiperhidrosis kraniofasial. Hiperhifrosis sendiri keringat berlebih yang diperlukan untuk mempertahankan suhu tubuh yang normal.

Ketika kamu mengalami wajah dan kepala yang sangat berkeringat, bahkan ketika sedang tidak kepanasan, berolahraga, atau mungkin mengkonsumsi makanan pedas bisa jadi kamu mengalami kondisi ini. Berikut beberapa penyebab hidung berkeringat yang mungkin sedang kamu rasakan:

1. Faktor Cuaca

Saat berada di luar ruangan yang mengharuskan kita untuk bekerja di bawah teriknya sinar matahari akan membuat tubuh mengeluarkan keringat, terutama saat kita menggunakan masker akan membuat bagian wajah teruatama hidung berkeringat.

Faktor cuaca yang panas atau sinar matahari yang terik ternyata dapat membuat suhu tubuh menjadi naik, hal inilah yang akan membuat tubuh untuk berusaha menstabilkan dengan mengeluarkan keringat.

2. Olahraga

Olahraga tentu baik untuk kesehatan tubuh, terutama saat kita akan berolahraga maka dapat membuat tubuh mengeluarkan keringat. Keringat yang dikeluarkan dari tubuh saat olahraga merupakan salah satu bentuk adanya pelepasan panas tubuh agar dapat mengurangi suhu tubuh yang panas akibat olahraga.

3. Keadaan Emosi

Membuat emosi agar tetap stabil tidaklah mudah, beberapa orang terkadang memiliki caranya tersendiri untuk mengatasi emosi yang sedang dihadapi. Tapi ketahuilah, bahwa keadaan emosi yang kita rasakan dapat membuat seseorang mengeluarkan keringat di tubuh terutapa di hidung. Kondisi emosi dan perasaan cemas, mengalami gangguan stress, serangan panik, dan gangguan kepribadian inilah yang dapat membuat seseorang mengeluarkan keringat.

4. Diabetes

Diabetes sendiri merupakan salah satu penyakit yang kronis dan ditandai dengan adanya kadar gula (glukosa) yang tinggi pada seseorang. Ketika seseorang menderita diabetes ternyata dapat mengeluarkan keringat berlebih, hal ini terkadang akan membuat hormon adrenalin melepaskannya dan meningkatkan produksi keringat berlebih.

5. Obat-Obatan

Beberapa jenis obat yang kita konsumsi tentu memiliki efek samping, beberapa obat biasanya akan memberikan efek samping seperti mengantuk, mudah lelah, bahkan memberikan efek keringat berlebih. Bisa jadi obat yang kamu kondumsi dapat mempengaruhi pengaturan suhu tubuh pada bagian sistem saraf pusat dan akan meningkatkan produksi asetilkolin.

Apakah Hidung Berkeringat Berbahaya?

Kamu tak perlu khawatir ternyata hidung yang berkeringat termasuk dalam produksi keringat yang normal dan hal ini dapat terjadi oleh siapa saja. Tentu keringat dalam tubuh dapat keluar dimana saja, tetapi jika keluar berlebihan hal ini dapat menandakan kamu mengalmi hiperhidrosis.

Meskipun termasuk keadaan yang normal bagi tubuh tetapi, jika kamu mengalami keringat berlebih yang tidak wajar ada baiknya untuk periksa ke dokter. Perlu kamu ingat bahwa keringat merupakan keadaan alami dari tubuh, selain itu keringat juga sangatlah penting karena dapat menstabilkan suhu normalnya.

Hiperhidrosis atau keringat berlebih merupakan salah satu kondisi yang membuat seseorang mendapatkan keringat pada bagian tubuh, dari kepala, wajah, hingga kulit kepala. Tetapi, ketika kamu merasakan keringat berlebih dan gejala lainnya ada baiknya untuk periksa ke dokter agar mendapatkan perawatan yang tepat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading