Sukses

Health

5 Penyebab Sering Merasa Bingung dan Cara Mengatasinya

Fimela.com, Jakarta Merasa bingung dan kelelahan biasanya akan datang secara bersamaan, sangat wajar bagi setiap orang merasa sangat bingung dengan apa yang mereka lakukan dan apa yang akan mereka kerjakan. Pikiran yang menumpuk dan banyak hal yang dipikirkan tentu dapat membuat seseorang merasa terganggu dan sulit untuk fokus.

Bagi beberapa orang yang sedang merasa bingung mungkin lebih senang jika berada di dalam kamar dan berdiam diri dan memikirkan apa yang akan dilakukan. Bingung yang kita alami tentu dapat disebabkan oleh sesuatu yang mendasarinya.

Ternyata bingung dapat terjadi oleh banyak orang tak kenal usia mereka, beberapa diantaranya mungkin akan mangalami bingung saat di usia muda atau bahkan tua. Berikut beberapa penyebab sering merasa bingung yang mungkin kamu alami:

5 Penyebab Bingung yang Paling Sering Terjadi

Bingung memiliki istilah medis yaitu disorientasi merupakan sebuah kondisi dimana kita akan merasa sulit untuk berfikir jernih atau mengalami gangguan kefokusan. Bingung yang kita alami mungkin dapat disebabkan oleh kondisi kesehatan tertentu atau mungkin kondisi tubuh yang sedang mengalami rasa sakit. Berikut beberapa penyebab dari kebingungan yang mungkin kamu alami:

  1. Terlalu banyak fikiran yang berujung dengan stress atau.
  2. Depresi
  3. Demensia.
  4. Kekurangan oksigen.
  5. Pernah mengalami kecelakaan yang membuat benturan keras pada bagian kepala.

Tanda Ketika Seseorang Mengalami Bingung

Ketika seseorang mengalami bingung mereka akan cenderung melakukan hal yang tidak sesuai dengan keinginan mereka, berikut beberapa hal yang paling sering dilakukan saat sedang bingung:

  • Bicara yang cenderung tidak nyambung.
  • Saat berbicara tiba-tiba berdiam atau bahkan berjeda terlalu lama.
  • Emosi yang tidak terkendali.
  • Sulit untuk tidur.
  • Tidak dapat menentukan tempat dan waktu dimana ia harus berada.

Cara Mengatasi Bingung

Bingung yang dialami dan dirasakan oleh setiap orang tentu berbeda, beberapa orang mungkin jarang atau bahkan sering mengalami bingung. Tapi, kamu tak perlu khawatir karena bingung yang kita alami dapat diatasi dengan melakukan beberapa perawatan di bawah ini:

  • Saat kamu sedang mengalami stress ada baiknya untuk mengelola stress.
  • Tulis apa yang akan kamu lakukan pada hari ini, buatlah notes di kertas atau hp.
  • Mengkonsumsi makanan sehat yang mengandung banyak nutrisi dan vitamin.
  • Berusaha fokus dan berkonsentrasi setiap kali akan melakukan beberapa hal.

Ketika kamu sering mengalami kebigungan ada baiknya untuk periksa ke dokter agar mendapatkan perawatan dan penangananyang tepat. Beberapa obat mungkin dapat mengatasi kebingungan yang kamu alami, tapi alangkah baiknya jika hal ini periksakan kepada dokter terlebih dahulu.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading