Sukses

Health

4 Penyebab Sakit Pinggang Saat Hamil Muda yang Bikin Tak Nyaman

Fimela.com, Jakarta Akan menjadi kabar baik bagi setiap perempuan saat mereka hamil, hal ini akan selalu menjadi kabar yang membahagiakan dan menyenangkan. Saat perempuan memasuki masa kehamilan tentu akan menemukan beberapa kondisi dan masalah yang hampir sama.

Pada masa kehamilan terkadang perempuan akan mengalami “morning sickness” muaul atau pusing di pagi hari setelah bangun tidur. Beberapa perubahan dalam tubuh menjadi hal yang wajar dan umum terjadi.

Setiap perempuan memiliki perubahan dan masalah yang hampir sama saat memasuki masa kehamilan. Masalah yang paling umum adalah sakit pinggang saat hamil muda, berikut beberapa penyebab yang dapat kamu tahu:

1. Hormon

Pada masa awal kehamilan tentu tubuh akan memproduksi lebih banyak hormon relaksin dan mengendurkan persendian serta mendukung adanya perubahan yang dapat dialami oleh tubuh saat masa kehamilan.

Saat relaksin mengendurkan persendian, maka dapat membuat tekanan pada punggung bawah. Membungkuk maupun duduk dengan cara yang memberikan tekanan yang tidak merata pada otot maupun persendian ternyata dapat memperburuk rasa sakit satu ini.

2. Berat Badan Bertambah

Saat umum dan wajar bagi perempuan yang memasuki masa kehamilan akan mengalami berat tubuh yang bertambah, terkadang mereka akan mendapatkan 20 hingga 40 pon selama masa kehamilan. Kenaikan berat badan inilah yang terkadang dapat menyebabkan sakit punggung.

3. Perubahan Postur

Saat rahim tumbuh dari ukuran kepala tangan ke ukuran yang lebih besar tentu aka nada pusat gravitasi yang bergeser untuk mengimbangi tarikan ke depan. Terkadang saat masa kehamilan yang sudah cukup tua tentu akan kesulitan untuk ibu hamil bergerak semaunya, hal inilah yang terkadang dapat menyebabkan rasa sakit lebih lanjut.

4. Stres

Stress ternyata dapat menyebabkan kejang dan ketegangan otot dan terkadang akan memperburuk pada area yang bermasalah, selain itu perempuan yang memasuki masa hamil terkadang akan merasa lebih banyak tekanan dan membuatnya stress. Hal inilah yang mendorong beberapa kemungkinan sakit punggung yang terjadi pada masa kehamilan.

Masalah pinggang yang tak nyaman saat kehamilan merupakan hal normal dan dapat terjadi pada banyak perempuan, tetapi jika kamu mengalami beberapa masalah lainnya ada baiknya untuk periksa ke dokter agar mendapatkan perawatan yang tepat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading