Sukses

Health

Tips Sederhana Mengatasi Morning Sickness di Awal Kehamilan

Fimela.com, Jakarta Momen kehamilan menjadi momen yang sangat mengesankan bagi setiap perempuan. Ada rasa bahagia, bangga, sedih bahkan khawatir di saat yang sama. Tak jarang, momen kehamilan juga menjadikanmu merasa sangat lelah apalagi jika di awal kehamilan kamu merasakan morning sickness parah.

Apa Itu Morning Sickness?

Morning sickness merupakan kondisi mual dan muntah yang umumnya terjadi di masa awal kehamilan. Morning sickness bahkan bisa menunjukkan ciri kehamilan di usia 1 minggu. Morning sickness tidak hanya terjadi pada pagi hari. Ibu hamil juga bisa mengalami morning sickness pada malam, siang, bahkan sepanjang hari.

Morning sickness bukanlah hal yang menyenangkan. Rasa mual dan ingin muntah ini tidak jarang membuat ibu hamil merasa sangat lelah. Ini juga bisa meningkatkan risiko dehidrasi karena saat morning sickness ibu hamil tidak doyan makan maupun minum.

Penyebab Morning Sickness

Melansir dari laman parents.com, morning sickness bisa disebabkan oleh kadar hormon dalam tubuh yang berubah. Selain hormon, morning sickness juga bisa disebabkan karena indera penciuman ibu hamil umumnya akan semakin tajam. Ketajaman inilah yang memungkinkannya merasa mual dan ingin muntah sata mencium bau-bau di sekitarnya.

Mengatasi Morning Sickness

Ada beberapa cara mudah yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah morning sickness. Cara ini bisa dilakukan di rumah jika morning sickness yang dialami tergolong normal. Namun, untuk morning sickness yang parah, usahakan untuk mengonsultasikan hal ini dengan dokter atau bidan ahlinya. 

Berikut beberapa cara mudah yang bisa dilakukan untuk mengatasi morning sickkness. 

  • Istirahat cukup.
  • Konsumsi air putih cukup. 
  • Saat bangun tidur, awali dengan minum sedikit air putih dilanjut dengan konsumsi camilan berupa biskuit atau roti kering. 
  • Hindari konsumsi makanan yang masih panas karena baunya bisa saja sangat menyengat dan menyebabkan mual. 
  • Konsumsi makanan yang kaya akan protein seperti telur, ikan, keju dan apel. 
  • Usahakan untuk makan dengan porsi sedikit tapi lebih sering. 
  • Konsumsi wedang jahe atau panganan yang memiliki aroma jahe di dalamnya. 
  • Hindari konsumsi makanan atau minuman yang menyebabkan mual dan muntah. 
  • Konsumsi suplemen atau vitamin yang direkomendasikan oleh dokter atau bidan. 
  • Jangan memikirkan morning sickness karena ini memicu stress dan meningkatkan risiko morning sickness yang lebih parah. 

Itulah sedikit ulasan mengenai morning sickness dan cara mengatasinya. Semoga informasi ini bermanfaat.

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading