Sukses

Health

3 Penyebab Suduken yang Bikin Tak Nyaman dan Cara Mengatasnya

Fimela.com, Jakarta Pernah mendengar istilah "suduken" bagi sebagian orang jawa mungkin sudah tak asing lagi dengan suduken. Suduken atau side stich merupakan salah satu sensasi rasa sakit yang dialami oleh sebagian orang, setelah makan dan merasakan sakit di bagian perut. 

Suduken yang dialami oleh seseorang tentu akan merasa tidak nyaman dan kesulitan untuk berjalan, karena rasa sakit pada perut dan sensasi seperti sakit tertusuk dan panas yang tak nyaman. 

Tentu banyak orang yang pernah merasakan suduken setelah makan, terutama bagi mereka yang setelah makan melakukan aktivitas berat. Berikut beberapa penyebab suduken yang mungkin terjadi:

1. Aktivitas Berat Setelah Makan

Suduken atau side stich merupakan salah satu masalah yang kerap terjadi setelah makan, hal ini dapat menyerang seseorang setelah makan dan melakukan berbagai aktivitas yang berat. Aktivitas berat setelah makan tentu dapat memberikan efek samping pada perut yang terasa tak nyaman dan seperti tertusuk di bagian perut. 

2. Kurang Pemanasan

Suduken tak hanya terjadi setelah makan saja, akan tetapi beberapa atlet atau seseorang yang kerap olahraga kerap mengalami masalah satu ini. Suduken dapat terjadi ketika seseorang tidak melakukan pemanasan sebelum olahraga, karena kurangnya pemanasan maka akan membuat otot sekitar perut mengalami masalah. 

3. Minum Manis Sebelum Beraktivitas

Suduken yang dialami oleh seseorang dapat disebabkan oleh darah yang terdapat didalam tubuh akan bergerak menjauh dari diafragma. Diafragma sendiri merupakan salah satu otot yang dapat membersihkan bagian perut maupun paru-paru, minum manis sebelum melakukan aktivitas dapat membuat otot mendorong ke diafragram dan menyebabkan seduken. 

Cara Mengatasi Suduken

Suduken tentu membuat seseorang tak nyaman, karena terasa sangat sakit dibagian perut. Untuk itu berikut beberapa cara mengatasi suduken yang dialami:

  • Mengatur pola makan dengan baik. 
  • Melakukan pemanasan sebelum olahraga. 
  • Mengurangi minuman manis sebelum olahraga.
  • Memperkuat posisi panggul dan otot dada. 

Nah, itulah beberapa penyebab seseorang mengalami suduken yang membuat banyak orang tak nyaman.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading