Sukses

Health

7 Tips Menjaga Kesehatan Selama Musim Hujan agar Tidak Mudah Sakit

Fimela.com, Jakarta Udara sejuk dan suara gemuruh yang membuat tidur nyenyak membuat banyak orang menyukai hujan. Tak hanya manusia, tumbuhan, hewan, bahkan virus juga menyukai musim hujan. Namun saat musim hujan sistem kekebalan tubuh melemah dan jadi mudah terserang virus. Penyakit seperti batuk, pilek, dan alergi akan menyerang banyak orang pada saat musim hujan.

Menjaga kesehatan selama musim hujan bukanlah hal yang mudah, tetapi bukan berarti tidak mungkin. Melansir dari One Health, berikut tips menjaga kesehatan agar tidak mudah sakit selama musim hujan.

1. Penuhi Kebutuhan Vitamin C

Hujan adalah waktu terbaik bagi virus dan bakteri berkembang biak. Untuk tetap sehat penting untuk meningkatkan kekebalan tubuh dengan mengonsumsi vitamin C. Vitamin C dapat ditemukan pada makanan seperti jeruk, pepaya, nanas, dan lainnya. Kamu juga bisa mengonsumsi suplemen sebagai tambahan suplai vitamin.

2. Banyak Minum Air

Walaupun cuaca dingin dan lembap, tubuh harus tetap terhidrasi dengan minum air. Penuhi kebutuhan cairan dalam tubuh dengan mengonsumsi 2 liter air per hari. Cairan yang dikonsumsi mampu menghilangkan lender pada tubuh yang sedang sakit. Kamu bisa mengonsumsi air putih atau teh hangat untuk membuat tubuh tetap hangat saat cuaca terasa dingin.

3. Tingkatkan Asupan Probiotik

Probiotik adalah mikroorganisme sehat yang mendukung kesehatan. Biasanya probiotik hidup dalam saluran pencernaan dan usus. Usus yang sehat akan bekerja secara maksimal untuk menyerap nutrisi dari makanan. Hal inilah yang membantu penyebaran nutrisi dalam tubuh agar terpenuhi. Probiotik dapat ditemukan pada yogurt, keju, atau suplemen sebagai tambahan.

4. Rajin Mencuci Tangan

Setelah menyentuh banyak benda tangan akan menjadi sumber bakteri terbanyak. Karena selama musim hujan bakteri berkembang biak dengan cepat kebersihan tangan jangan sampai terlewat. Sebelum makan pastikan tanganmu bersih dari berbagai kuman.

5. Setrika Pakaian

Saat suhu lembap jamur akan mudah berkembang biak pada lemari yang kedap udara. Mungkin saja jamur juga berkembang pada pakaian yang disimpan dalam lemari. Cara untuk menanganinya adalah dengan panas. Karena sulit untuk menjemur pakaian dibawah sinar matahari selama musim hujan, menyetrika pakaian bisa jadi alternatif.

6. Hindari Jajan Sembarangan

Makanan yang dijual di pinggir jalan mungkin terlihat menggoda. Namun, bila makanan tersebut disimpan pada ruangan terbuka besar kemungkinan banyak bakteri dan kuman yang hinggap. Makanan yang tidak disimpan dengan baik menjadi sasaran empuk bakteri dan kuman untuk berkembang biak di musim hujan. Alangkah lebih baik mengonsumsi makanan yang diolah sendiri agar kebersihannya terjamin.

7. Olahraga Teratur

Saat hujan memang paling nikmat untuk bersantai atau tidur. Namun jangan lupa untuk tetap berolahraga. Olahraga tidak hanya membuat tubuh bugar, tetapi juga mampu meningkatkan kekebalan tubuh. Hal ini karena saat olahraga jantung akan berdegup kencang, aliran darah lancar, dan memicu produksi serotonin yang membantu memperkuat sistem kekebalan.

Itulah beberapa tips yang dapat diterapkan untuk menjaga kesehatan selama musim hujan. Jangan lupa tetap terapkan pola hidup sehat ya Sahabat Fimela.

Penulis: Mufiidaanaiilaa Alifah S.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading