Sukses

Health

7 Penyebab Mata Tidak Bisa Tidur dengan Nyenyak

Fimela.com, Jakarta Setelah seharian beraktivitas, pasti rasanya ingin langsung tidur dengan nyenyak. Sayangnya, sering kali mata tidak bisa tidur dan malah melek semalaman. Kondisi ini bisa disebut juga dengan insomnia.

Jika hal ini terus menerus dialami, maka bisa berbahaya untuk kesehatan dan menurunkan sistem imunitas tubuh. Sahabat Fimela akan merasa sangat kelelahan di keesokkan harinya, karena mengalami gangguan tidur. Sebaiknya kondisi ini harus segera diatasi.

Normalnya, orang dewasa membutuhkan waktu tidur selama 8 jam setiap hari. Biasakan untuk tidak bermain gadget sebelum tidur dan melakukan relaksasi terlebih dahulu. Berikut penyebab mata tidak bisa tidur dengan nyenyak:

Penyebab Mata Tidak Bisa Tidur dengan Nyenyak

1. Faktor Usia

Penyebab mata tidak bisa tidur dengan nyenyak yang pertama adalah karena faktor bertambahnya usia. Seiring bertambahnya usia, maka ritme sirkadian akan semakin menurun. Ritme sirkadian adalah proses alami atau proses biologis pada manusia, untuk mengatur jam tidur yang tepat. Sehingga jika ritme sirkadian menurun, bisa membuat jam tidur menjadi tidak beraturan dan mengalamu tidur tidak nyenyak.

2. Sering Bermain Gadget

Tak disangka, ternyata sering bermain gadget jadi penyebab mata tidak bisa tidur nyenyak. Apalagi jika bermain gadget sebelum tidur. Hal ini disebabkan karena gadget membuat otak menjadi aktif. Bahkan sinar biru yang dipancarkan pada gadget, memberikan pertanda pada otak masih terang. Sehingga orang yang sering bermain gadget akan susah tidur dengan nyenyak.

3. Terlalu Lama Tidur Siang

Ada sebagian orang yang melakukan tidur siang. Sebenarnya tidur siang memiliki manfaat untuk meningkatkan konsentrasi, menyehatkan badan, menurunkan tekanan darah dan mengurangi stres. Tetapi terlalu lama tidur siang bisa membuat seseorang menjadi tidur tidak nyenyak. Sebaiknya tidur siang cukup dilakukan maksimal 1 jam saja.

Penyebab Mata Tidak Bisa Tidur dengan Nyenyak

4. Gangguan Kesehatan

Seseorang yang memiliki gangguan kesehatan tertentu, seperti gangguan tidur, gangguan saraf, kanker, penyakit jantung, dan lain sebagainya, bisa mengalami sussah tidur. Saat mengidap penyakit ini, tubuh akan terasa kesakitan dan sangat tidak nyaman. Sehingga membuat penderitanya jadi bangun berkali-kali.

5. Gangguan Psikologi

Tak hanya gangguan fisik saja yang menyebabkan mata tidak bisa tidur dengan nyenyak. Gangguan psikologi seperti gangguan kecemasan, gangguan stres pasca trauma (PTSD), gangguan bipolar, depresi akut dan lain sebagainya juga bisa menjadi penyebabnya. Jika mengalami gangguan kesehatan mental, sebaiknya segera hubungi ahli dan mendapatkan perawatan terbaik.

Penyebab Mata Tidak Bisa Tidur dengan Nyenyak

6. Makan Sebelum Tidur

Biasanya setelah makan dengan kenyang, rasa mengantuk akan muncul dan membuat seseorang tertidur setelah makan. Padahal makan sebelum tidur bisa meningkatkan asam lambung dan membuat perut terasa mual. Kondisi ini bisa menyebabkan tidur menjadi tidak nyenyak, serta meningkatkan risiko obesitas.

7. Efek Samping Obat-Obatan

Ada beberapa obat yang memiliki efek samping tidak bisa tidur nyenyak. Efek samping tersebut terdapat pada obat antidepresan, obat asma, obat hipertensi, obat pereda nyeri, antihistamin, obat flu, dan obat penurunan berat badan. Konsultasikan terlebih dahulu pada dokter sebelum mengonsumsi obat tersebut.

Loading