Sukses

Health

Waspada, 4 Penyakit Ini Sering Mengintai di Musim Hujan

Fimela.com, Jakarta Musim hujan telah tiba. Kita disarankan untuk lebih maksimal dalam menjaga kesehatan terutama menjaga daya tahan tubuh. Saat musim hujan, beberapa penyakit akan lebih mudah menyerang tubuh. Beberapa penyakit juga sangat rentan menular ketika daya tahan tubuh kita melemah. 

Mengutip dari laman liputan6.com, sedikitnya ada 4 penyakit yang paling sering mengintai di musim hujan. Ketika daya tahan tubuh kita menurun, penyakit ini bisa menyerang kita kapan saja. Suhu udara yang lebih dingin dari biasanya, akan mempermudah bakteri dan virus penyebab penyakit ini lebih cepat berkembang biak dan berpindah tempat. 

Inilah beberapa penyakit yang sering mengintai di musim hujan. Waspadai penularannya dan pastikan untuk menjaga daya tahan tubuh dengan lebih baik.

ISPA (Infeksi Saluran Pernapasan Akut)

Penyakit pertama yang mengintai di musi hujan ada ISPA. Adapun beberapa masalah kesehatan terkait ISPA antara lain batuk, pilek, radang tenggorokan, Covid19 dan sejenisnya. Kandungan air yang tinggi di musim hujan memungkinkan berbagai mikroorganisme lebih mudah berkembang biak dan menyerang tubuh lewat saluran pernapasan.

Diare

Penyakit selanjutnya yang rentan menyerang selama musim hujan ada diare. Diare adalah gangguan buang air besar di mana tinja lebih lembek, cair dan kadang disertai dengan darah. Diare tidak menutup kemungkinan disertai dengan muntah dan berkurang banyak cairan dalam tubuh. Diare umumnya disebabkan oleh bakteri atau virus lewat makanan, minuman dan air.

Demam Berdarah

Penyakit yang mengintai di musim hujan berikutnya ada demam berdarah. Demam berdarah ditularkan lewat gigitan nyamuk aedes aegipty pembawa virus dengeu. Demam berdarah bisa menyerang siapa saja termasuk orang tua dan anak-anak.

Demam Tifoid

Ini juga merupakan penyakit yang sering mengintai di musim hujan selanjutnya. Demam tifoid adalah masalah kesehatan yang juga disebabkan oleh bakteri atau virus, di mana keduanya mudah berkembang biak serta berpindah tempat saat cuaca dingin serta lembab.  

Itulah beberapa penyakit yang sering mengintai di musim hujan. Agar terhindar dari berbagai penyakit di atas, pastikan untuk menutrisi tubuh dengan baik setiap hari, miliki istirahat cukup, jaga kebersihan diri dan lingkungan, olahraga cukup serta tingkat daya tahan tubuh dengan konsumsi ramuan herbal serta vitamin. Semoga informasi ini bermanfaat. 

#WomenForWomen

What's On Fimela
Loading