Sukses

Health

Studi: Melukis Bisa Jadi Aktivitas untuk Melepas Stres

Fimela.com, Jakarta Banyaknya pekerjaan ditambah masalah pribadi sehari-hari, sering kali bikin kita stres bahkan depresi. Namun Sahabat Fimela, pastikan bahwa kamu tetap santai dan nyaman menjalani aktivitas. Hindari berpikir terlalu berlebihan, sehingga stres sangat mungkin terasa lebih parah dan menyebalkan. 

Sebenarnya ada banyak cara untuk meredakan atau melepas stres. Mengenai melepas stres atau yang sering disebut sebagai “healing” pada dasarnya tak harus mengeluarkan biaya lho. Ada beragam aktivitas sederhana tanpa biaya yang bisa dilakukan untuk melepas stres. Mengutip dari laman liputan6.com, salah satu cara mudah untuk melepas stres adalah dengan melukis. 

Tak harus lukisan indah, sekedar corat-coret di kertas sudah bisa membantu kita melepas stres. Pendiri dan CEO Ganara Art TIta Djumaryo, mengatakan, “Melepas stres bisa dilakukan dengan apapun termasuk dengan membuat garis apapun di selembar kertas. Siapkan spidol dan kertas kosong, kalau sedang emosi, tutup mata dan buat garis apapun.” 

Melukis Adalah Hobi dengan Segudang Manfaat

Para ahli menyebutkan jika melukis masuk ke dalam salah satu hobi yang memberi banyak manfaat. Melukis bisa membuat seseorang merasa lebih tenang, fokus dan nyaman. Beberapa orang juga bisa mengungkapkan isi hatinya melalui lukisan. 

Warna-warni dari cat air atau cat minyak di kanvas serta kertas, bisa membantu seseorang merasa lebih bahagia. Ini juga berpotensi membuat seseorang merasa lebih semangat dalam menghadapi segala masalah dalam hidupnya. Melukis bisa membantu seseorang mengekspresikan emosi dan perasaannya. Karena itulah, stres pun perlahan bisa memudar setelah tersalurkan lewat lukisan.

Meredakan Stres Tak Harus dengan Liburan

Untuk meredakan stres, sebenarnya ini tak harus dengan liburan. Cukup di rumah, kamu bisa melepaskan dan meredakan stres yang melanda. Saat memiliki masalah, para ahli menyarankan agar kita senantiasa mencari tahu sumber masalah tersebut. Jika kita sudah mengetahui sumber masalah yang dihadapi, kita akan tahu solusi apa yang paling tepat untuk menanganinya. 

Psikolog Universitas Gadjah Mada (UGM) Galang Lufityanto mengatakan, “Cari dulu masalahnya apa, baru usahakan untuk melepas stres. Misalnya karena ada masalah dengan rekan kerja atau atasan, maka healing dengan liburan atau staycation jadi tidak cocok. Ini malah seperti melarikan diri. Cari solusi paling tepat dulu untuk setiap stres yang melanda.” 

Itulah sekilas mengenai melepas stres. Semoga informasi ini bermanfaat dan semoga kita semakin bijak dalam mencoba melepas stres yang diderita

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading