Sukses

Health

8 Cara Alami untuk Meredakan Stres dan Kecemasan

Fimela.com, Jakarta Stres dan kecemasan menjadi masalah yang umum dialami setiap orang. Beberapa orang bahkan berada dalam kondisi stres dan kecemasan berlebih. Ada banyak hal yang membuat seseorang merasa stres dan cemas. Meski begitu, alangkah baiknya jika stres dan kecemasan ini segera diatasi atau diredakan sebelum berubah menjadi stres dan kecemasan yang akut.

Mengutip dari laman healthline.com, stres dan kecemasan memiliki dampak negatif pada fisik pun psikis seseorang jika tidak segera diredakan. Ada beberapa cara alami yang dipercaya bisa meredakan stres dan kecemasan. Beberapa cara alami tersebut antara lain adalah sebagai berikut:

Jadi Pribadi yang Tetap Aktif

Jadilah pribadi yang aktif atau memiliki banyak aktivitas. Kesibukan yang kamu lakukan bisa membantumu melupakan masalah atau kecemasan yang dialami. Pastikan agar kesibukan yang dilakukan merupakan kesibukan yang positif atau memiliki dampak positif buatmu pun orang-orang di sekitarmu.

Olahraga

Olahraga juga menjadi salah satu cara untuk meredakan stres dan kecemasan. Olahraga ringan seperti jalan kaki akan membantumu memiliki pikiran yang lebih bahagia, semangat dan mendorongmu memiliki kesehatan fisik yang lebih baik.

Meditasi

Cara selanjutnya untuk meredakan stres adalah meditasi. Aktivitas ini bisa membantu kamu menenangkan pikiran, mengelola stres dengan lebih baik dan mengontrol emosi setiap kali menghadapi masalah. Penelitian yang dilakukan para ahli di tahun 2010 dan diterbitkan oleh American Psychological Assosiation menemukan jika meditasi adalah cara yang cukup ampuh dalam menenangkan pikiran, memperbaiki mood dan hal-hal yang berkaitan dengan ansietas.

Membaca dan Menulis

Membaca dan menulis juga merupakan salah satu tips untuk meredakan stres. Memang, bagi sebagian orang membaca dan menulis adalah aktivitas yang dinilai sangat membosankan. Tapi jangan salah, saat seseorang membiasakan diri membaca dan menulis, ini akan membuatnya lebih tenang, bahagia dan berwawasan lebih luas. Membaca memungkinkan seseorang untuk mengontrol emosi dengan lebih baik.

Konsumsi Teh Herbal

Mengonsumsi teh herbal juga akan membantumu meredakan stres dengan mudah serta cepat. Aroma wangi dari teh herbal dan cita rasanya yang lezat membuat suasana hati jadi lebih tenang. Konsumsi teh herbal seperti teh mint, teh jahe, teh chamomile dan sejenisnya bermanfaat mengurangi kadar hormon stres dalam diri.

Curhat

Curhat juga menjadi cara ampuh untuk meredakan stres serta kecemasan. Berbagi masalah dengan orang terpercaya mampu membuatmu menyelesaikan masalah tersebut dengan lebih bijak. Saat kamu curhat ke orang lain atas keluh kesah dalam hidupmu, ini juga bisa meringankan beban di pikiran. Curhat sangat memungkinkanmu mendapatkan dukungan dari orang sekitar. Tapi ingat, saat curhat pastikan untuk curhat dengan orang yang benar-benar kamu percaya.

Hindari Kafein dan Alkohol

Selama stres atau merasa cemas, sebaiknya hindari makanan atau minuman yang mengandung kafein serta alkohol. Konsumsi kafein dan alkohol selama stres justru akan memperparah kondisi tersebut. Ini juga memungkinkanmu melakukan berbagai hal yang kurang bijak nantinya.

Rehat dari Media Sosial

Cara selanjutnya adalah rehat dari media sosial. Meski terdengar sepele, ternyata rehat dari media sosial bermanfaat meredakan stres dan mengatasi kecemasan. Cobalah untuk lebih bijak dalam bermedia sosial. 

Itulah beberapa cara mudah yang bisa dilakukan untuk meredakan stres dan kecemasan. Selain cara di atas, cara lain untuk mengatasi stres adalah lebih banyak berkumpul dengan orang-orang yang memberi energi positif, miliki pola makan yang lebih sehat dan hindari kebiasaan menutup diri. Semoga informasi ini bermanfaat.

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading