Sukses

Health

Menurut Studi, Alergi Bisa Meningkatkan Risiko Kecemasan dan Depresi

Fimela.com, Jakarta Alergi adalah salah satu masalah kesehatan yang umum terjadi pada seseorang. Alergi sendiri bisa disebabkan oleh banyak hal mulai dari perubahan suhu, makanan atau minuman bahkan benda-benda di sekitar. Selaian sangat mengganggu kenyamanan tubuh, penelitian juga menemuka jika ternyata alergi bisa menganggu kesehatan mental seseorang. 

Melansir dari laman verywellmind.com, alergi bisa membuat seseorang merasa cemas, stres bahkan depresi. Risiko ini akan semakin besar ketika alergi yang dialami tak kunjung sembuh dan terus menerus terjadi meski telah dilakukan berbagai pengobatan serta pencegahan. Sebelum mengenal dampak dari alergi, mari kita mengenal apa itu alergi.

Mengenal Alergi dan Penyebabnya

Alergi merupakan reaksi dari sistem kekebalan tubuh manusia (sistem imun) terhadap zat tertentu yang dinamakan alergen. Zat ini sebenarya tidak berbahaya tapi dianggap berbahaya oleh tubuh. Inilah yang kemudian mengakibatkan munculnya gejala seperti gatal-gatal di seluruh tubuh, mual, muntah bahkan sesak nafas. 

Reaksia atau penyebab alergi bisa terjadi karena banyak hal. Hal tersebut mulai dari  tanaman tertentu, bahan, obat-obatan, bulu pakaian dan bulu hewan, faktor lingkungan, makanan, minuman dan banyak lagi.

Dampak dari Alergi

Menderita serangan alergi ini dapat menjadi traumatis serta melelahkan. Penelitian bahkan menemukan jika alergi yang disebabkan satu hal berulang semisal alergi udara dingin, alergi makanan atau alergi tumbuhan akan membuat seseorang rentan cemas dan stres. Seseorang yang mengalami alergi terus menerus bisa saja merasa putus asa. 

Dalam survei dari Allergy UK menemukan lebih dari separuh orang dewasa yang hidup dengan alergi menghindari interaksi sosial dan merasa perlu untuk meremehkan gejala alergi karena tidak ingin dinilai oleh teman, anggota keluarga maupun bosnya. Untuk alergi yang parah, ini bisa meningkatkan risiko sesak nafas dan masalah kesehatan lain. 

Itulah sekilas mengenai alergi. Semoga informasi ini bermanfaat dan lebih waspada, jangan anggap remeh jika dirimu atau orang terdekat mengalami alergi ya. Pastikan untuk mencari penangan terbaik dan usahakan untuk tetap semangat, tegar serta bahagia.

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading