Sukses

Health

5 Pilihan Makanan yang Sebaiknya Dikonsumsi Saat Batuk Pilek

Fimela.com, Jakarta Batuk dan pilek menjadi masalah kesehatan yang tak asing lagi bagi siapapun. Anak-anak hingga orang dewasa, sangat rentan terhadap masalah kesehatan yang satu ini. Saat batuk pilek, para ahli menyarankan agar kita lebih memerhatikan asupan makanan yang dikonsumsi. Ketika kita salah memilih makanan yang dikonsumsi, ini akan membuat batuk pilek semakin parah. 

Mengutip dari laman healthline.com, ada beberapa makanan yang wajib dihindari selama batuk pilek. Ada juga beberapa makanan yang sebaiknya rutin dikonsumsi. Untuk makanan yang rutin untuk dikonsumsi ini, selain bisa meningkatkan daya tahan tubuh selama batuk pilek, ini juga bermanfaat meredakan batuk. Apa saja makanan tersebut? Simak yang berikut ini. 

Sup Ayam

Makanan pertama yang sebaiknya dikonsumsi selama batuk pilek ada sup ayam. Studi menemukan jika supa ayam memiliki beragam nutrisi yang sangat baik untuk tubuh. Sup ayam yang dimasak bersama sayuran, juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh dan meredakan batuk. Sup ayam juga bermanfaat menghidrasi tubuh dan mengencerkan dahak yang menggumpal di tenggorokan.

Madu

Makanan selanjutnya yang sebaiknya dikonsumsi saat batuk pilek ada madu. Madu adalah obat alami dari segala penyakit termasuk batuk pilek. Untuk dapatkan hasil yang lebih maksimal, sebaiknya madu diseduh bersama air hangat dan rempah lain seperti jahe, kunyit atau jeruk nipis.

Buah Pisang

Buah pisang termasuk buah yang menyehatkan. Saat batuk pilek, buah ini sebaiknya juga menjadi salah satu buah yang rutin dikonsumsi. Buah pisang memiliki tekstur yang lembut dan cita rasa yang ringan. Kandungan nutrisi dalam buah pisang juga sangat baik dalam meredakan batuk, pilek serta masalah kesehatan lainnya. 

Ikan

Ikan merupakan super food yang baik dikonsumsi sehari-hari. Ikan juga sebagai sumber protein berkualitas yang sebaiknya dikonsumsi saat batuk pun pilek. Studi menemuka jika ikan kaya akan omega 3 yang berperan penting dalam meredakan peradangan dalam tubuh.

Bawang Putih

Meski memiliki aroma yang terlalu menyengat, bawang putih memiliki segudang manfaat. Bawang putih juga bisa bermanfaat untuk meredakan batuk pilek. Bawang putih mengandung antibakteri dan antijamur yang bisa melawan infeksi penyebab batuk. 

Itulah sekian makanan yang sebaiknya dikonsumsi saat batuk dan pilek. Semoga informasi ini bermanfaat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading