Sukses

Health

Waspada Diet Ekstrem yang Dilakukan 5 Seleb Ini, Ada yang Makan Daging Mentah!

Fimela.com, Jakarta Menjalani diet tidak gampang, butuh niat, dan konsisten yang kuat. Tak hanya untuk menurunkan berat badan, diet juga bisa memperbaiki kebiasaan buruk, seperti fokus kepada kesehatan tubuh dan menjalani gaya hidup yang lebih aktif. Diet yang sehat adalah mengatur pola makan yang seimbang dengan memenuhi kebutuhan nutrisi dan energi tubuh. 

Tiap-tiap orang memiliki pola diet yang berbeda dan jangan pernah mengikuti cara orang lain, karena belum tentu cocok untukmu. Diet memiliki ragam yang sangat banyak, sebagian orang mengurangi asupan porsi makan, sementara yang lain lebih memilih untuk fokus pada pola makan dan perubahan gaya hidup, daripada membatasi beberapa makanan tertentu.

Diet sehat tidak selalu harus memotong semua porsi makan atau benar-benar menghilangkan makanan yang kamu sukai. Lebih baik dilakukan secara perlahan dan membuat beberapa perubahan kecil yang akan membantu bertahan dalam jangka panjang. Untuk pemula, cobalah untuk menghitung kalori harianmu.

Dikutip dari National Health Service, normalnya seorang pria direkomendasikan untuk mengonsumsi sekitar 2.500 kalori, dan perempuan sekitar 2.000 kalori perharinya. Konsumsi makanan yang seimbang dan dipenuhi dengan nutrisi seperti karbohidrat, protein, lemak sehat, dan vitamin. Perhatikan juga jumlah air putih yang dikonsumsi dengan cukup.

Namun, berbeda dengan beberapa selebritas ini yang menggunakan metode diet yang cukup berbahaya.

Deretan artis yang lakukan diet unik

IU

Penyanyi solo asal Korea Selatan IU mengaku pernah menjalani diet yang sangat ekstrem. Ia bagikan pengalaman dietnya saat tampil di acara Night of TV Entertainment. Walaupun tidak secara terang-terangan membagikan bagaimana ia bisa menurunkan berat badannya, tetapi pola dietnya tersebar di banyak komunitas. Dalam sehari, IU hanya memakan satu apel untuk sarapan, satu atau dua ubi untuk makan siang, dan protein shake untuk makan malam.

Kim Kardashian

Salah satu dari anggota Kardashian, yaitu Kim mengikuti pola diet dengan memotong makanan yang mengandung karbohidrat secara ketat. Hasilnya, ia menurunkan 16 pound atau sekitar 8kg dalam 3 minggu. Cerita di balik mengapa ia melakukan diet ketat ini ternyata karena Kim akan menghadiri acara Met Gala 2022. Ia juga rutin olahraga menggunakan treadmill dan mengenakan baju setelan sauna untuk membantu penurunan berat badan lebih cepat.

Heidi Montag 

Selebritas asal Amerika Heidi Montag, secara terang-terangan terlihat sedang memakan sebungkus kantong plastik bening yang berisikan hati mentah, seperti memakan sushi pada umumnya. Ia telah memakan hati, jantung bison, dan testi banteng, semuanya dimakan dalam keadaan mentah, tanpa diolah. Katanya, Heidi memakan makanan mentah tersebut untuk menjaga nutrisinya dan meningkatkan kesuburan. Memang, jeroan memiliki vitamin dan protein tinggi, namun sangat berisiko membuat penyakit karena masih terkontaminasi bakteri dan parasit. 

Rebel Wilson

Bintang dalam film Pitch Perfect Rebel Wilson membuat banyak orang terpukau karena berhasil menurunkan berat badannya dan sangat terlihat perubahannya. Ia mengakui mengikuti diet metode Mayr, yang dikembangkan oleh dokter asal Austria Dr. Franz Xaver Mayr. Metode ini mengharuskan Rebel Wilson untuk memotong makanan yang mengandung gula, kafein, gluten, dan produk sisi. Selain itu, kuncinya untuk memakan secara perlahan dengan dikunyah 40-60 kali.

Beyonce

Queen of Diva Beyonce bagikan perjalanan penurunan berat badannya dengan cara mengikuti diet ketat. Terlihat pada film dokumenternya “Homecoming” ia membatasi untuk tidak mengongsumsi roti, karbohidrat, gula, susu, daging, ikan, dan alkohol. Metode diet yang dilakukan Beyonce adalah 22 day’s nutrition. Jadi ia hanya memakan makanan plant based untuk tampil di acara festival musik Coachella tahun 2018.

Pola metode diet deretan selebritas di atas tentu didampingi oleh dokter gizi profesional. Walaupun memang hasilnya terlihat dan sangat cepat menuruni berat badan, tetapi bukan berarti yang mereka jalani sudah termasuk sehat dan tidak berbahaya bagi tubuh.

Untuk sahabat Fimela jangan pernah mengikuti diet sembarangan tanpa berkonsultasi dengan dokter gizi terlebih dahulu. Bukannya menjadi sehat malah menambah penyakit, jadi berhati-hatilah untuk mencari diet yang sesuai dengan kemampuanmu.

 

*Penulis: Balqis Dhia.

#Breaking Boundaries

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading