Sukses

Health

Penyebab Kapalan di Kaki dan Cara Mengatasinya dengan Bahan Alami

Fimela.com, Jakarta Kapalan atau dalam istilah medis disebut dengan callus adalah kondisi kulit yang menebal dan mengeras. Biasanya, kulit yang mengalami kapalan akan terasa kering dan berwarna agak putih kekuningan. Kapalan sering terjadi di telapak kaki, jari-jari kaki, tumit, telapak tangan, serta jari-jari tangan. Kapalan sebenarnya tidak berbahaya, namun kapalan bisa membuatmu tidak nyaman dalam beraktivitas. 

Adanya kapalan di kaki terasa sangat mengganggu dan pasti terasa tidak nyaman ketika tengah beraktivitas. Apalagi jika aktivitasmu mengharuskanmu untuk bergerak menggunakan sepatu atau alas kaki yang mengenai kapalan yang kamu miliki.

Sebenarnya ada beberapa hal yang menjadi penyebab kapalan di kaki. Apa saja? Simak penyebab kapalan di kaki serta cara mengatasinya dengan bahan alami berikut ini.

Penyebab Kapalan di Kaki

Kapalan umumnya disebabkan oleh tekanan atau gesekan yang berlebihan dan berulang pada satu area kulit. Sebenarnya, kapalan adalah reaksi alami tubuh untuk memperkuat jaringan yang mengalami tekanan dan gesekan berulang. Reaksi inilah yang menyebabkan jaringan kulit menebal atau disebut juga hiperkeratosis.

Beberapa aktivitas yang memberikan tekanan dan gesekan berlebih, berulang, serta meningkatkan risiko munculnya kapalan adalah:

  • Menulis atau menggambar dengan pensil, pena, atau kuas
  • Memainkan alat musik, seperti gitar atau biola
  • Mengangkat beban berat, seperti melakukan olahraga angkat besi
  • Menggunakan alat tertentu yang menyebabkan tekanan, seperti cangkul
  • Tidak memakai kaos kaki saat menggunakan sepatu
  • Menggunakan sepatu yang tidak nyaman, seperti sepatu hak tinggi, sepatu sempit, atau terlalu longgar

Cara Mengatasi Kapalan di Kaki dengan Bahan Alami

1. Baking Soda

Ternyata baking soda bisa meredakan kulit kapalan yang kamu alami. Tidak hanya itu, baking soda juga bisa memberikan kelembapan pada kulit kakimu.

Caranya, siapkan air hangat di dalam baskom. Lalu, tuangkan 3-5 sendok makan baking soda. Campur hingga rendaman warnanya jadi putih pucat. Lalu letakkan tangan atau kaki selama 15 menit. Kamu juga bisa memijat-mijat bagian kulit yang kapalan. Lakukan selama seminggu sekali jadi kamu bisa merasakan efek positifnya. 

2. Kulit lemon

Kulit kakimu yang kapalan bisa diredakan dengan kulit lemon lho, Sahabat Fimela. Lalu diamkan di area kulitmu yang kapalan. Sebelumnya jangan lupa bersihkan kakimu dengan air hangat dulu ya.

3. Kopi dan Minyak Zaitun

Kopi dan minyak zaitun termasuk bahan alami yang sering dipakai untuk meredakan kapalan. Kamu bisa gunakan campuran dua bahan ini sebagai scrub.

Caranya mudah kok. Tinggal campurkan 7- 10 sendok makan kopi bubuk dengan 5-7 sendok makan minyak zaitun. Lakukan secara rutin seminggu 3 kali.

4. Bawang Putih

Bawang putih memang banyak khasiatnya untuk kulit. Termasuk untuk mengobati kulit kapalan yang mengganggu. 

Coba haluskan bawang putih dengan cara ditumbuk. Lalu oleskan pada tangan dan kaki yang kapalan. Pijat secara perlahan. Alhasil kulit kapalan lama-kelamaan bakalan mengelupas secara alami. 

5. Asam Salisilat

Asam salisilat biasanya terkandung pada krim, plester, atau pad yang bisa langsung digunakan pada kulit, sehingga bisa menjadi salah satu cara menghilangkan kapalan di kulit. Saat produk tersebut digunakan, kulit yang kapalan akan menjadi putih dan lebih mudah disingkirkan.

Itulah beberapa penyebab kapalan di kaki serta cara mengatasinya dengan bahan alami. Semoga membantumu ya, Sahabat Fimela.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading