Sukses

Health

Penyebab Timbulnya Karang Gigi Serta Cara Mencegah dan Mengatasinya

Fimela.com, Jakarta Gigi yang bersih dan rapi bisa membuat penampilan jadi lebih menarik. Tidak hanya itu, gigi yang bersih dan rapi juga bisa membuat kamu terlihat lebih profesional. Lagipula siapa sih yang tidak ingin punya gigi yang bersih?

Sayangnya gigi yang bersih sulit diwujudkan jika kamu mempunyai karang gigi. Apa itu karang gigi? Karang gigi adalah plak yang mengendap dan mengeras di permukaan gigi. Dalam istilah medis, masalah gigi ini disebut dental calculus. Plak adalah lapisan tipis dan lengket yang terbuat dari kumpulan bakteri, kotoran, dan sisa-sisa makanan. Plak membutuhkan waktu sekitar 12 hari untuk matang dan mengeras hingga menjadi karang.

Lalu sebenarnya apa sih penyebab timbulnya karang gigi? Simak penjelasannya serta cara mengatasinya berikut ini.

Penyebab Timbulnya Karang Gigi

Penyebab utama karang gigi adalah kemunculan plak. Plak adalah lapisan lengket yang menempel di permukaan gigi.

Plak dapat terbentuk dari sisa-sisa makanan, kotoran, dan bakteri yang dibiarkan terus menumpuk dan mengendap di permukaan gigi. Ketika plak dibiarkan dalam waktu yang lama, maka plak akan mengeras. Plak yang mengeras inilah yang disebut dengan karang gigi.

Karang yang semakin menumpuk di gigi lama-lama tidak hanya memengaruhi kesehatan gigi saja namun juga bisa memengaruhi kesehatan gusi. Gusi jadi mudah meradang dan mengalami iritasi. Akibatnya, munculah penyakit gingivitis atau radang gusi.

Faktor Risiko Karang Gigi

1. Usia

Seiring bertambahnya usia, kamu akan lebih mudah untuk mengalami berbagai masalah mulut. Termasuk karang gigi.

2. Merokok

Orang yang merokok dua kali lebih berisiko mengalami penyakit gusi. Di sisi lain, penyakit gusi dimulai akibat bakteri di mulut.

Bila bakteri ini dibiarkan di dalam mulut lebih lama, plak dan karang dapat muncul. Keduanya inilah yang dapat memicu penyakit gusi.

3. Makanan tertentu

Makanan manis seperti es krim, permen, kue, dan lain sebagainya dapat memicu pembentukan plak dan karang. Sebab, gula merupakan santapan lezat yang ditunggu-tunggu oleh bakteri di dalam mulut.

4. Tidak menjaga kebersihan gigi

Kalau kebersihan mulut tidak terjaga dengan baik, maka sisa makanan dan bakteri dapat terus menerus menumpuk di dalam mulut. Akibatnya, kamu lebih berisiko mengalami masalah kesehatan, termasuk karang gigi.

5. Jarang minum air putih

Kalau kamu jarang minum air putih, maka produksi air liur akan terhambat. Hal ini memungkinkan plak dan bakteri mengendap di permukaan gigi dan menyebabkan karang.

Cara Mencegah Karang Gigi

1. Rajin sikat gigi

Sikat gigi yang ideal adalah sebanyak dua kali sehari selama dua menit. Dua menit adalah waktu yang ideal untuk merontokkan plak, kotoran, dan sisa-sisa makanan yang menempel di permukaan gigi.

Gunakan sikat yang lembut dan cukup kecil agar bisa masuk ke sela-sela gigi. Pastikan semua bagian gigi terjangkau saat menyikat gigi. Maka dari itu, cari tahu terlebih dahulu bagaimana menggosok gigi dengan tepat.

Selain itu, jangan langsung sikat gigi setelah makan. Pasalnya, makanan yang bercampur air liur menyebabkan kondisi gigi dan mulut menjadi asam. Hal ini dapat mengakibatkan lapisan pelindung (email) gigi mudah terkikis.

2. Pilih pasta gigi yang tepat

Ada banyak sekali produk pasta gigi di pasaran. Namun, memilih pasta gigi tak boleh asal. Pastikan pasta gigi yang digunakan mengandung fluoride. Kandungan fluoride dalam pasta gigi akan membantu melindungi gigi dari kerusakan dan mencegah pengeroposan.

3. Pakai benang gigi (dental floss)

Sikat gigi terkadang sulit menjangkau bagian-bagian gigi, sehingga makanan masih bisa menyelip di gigi. Oleh karena itu, membersihkan gigi pakai benang jadi hal wajib.

Benang gigi dapat membersihkan sela-sela atau bagian gigi yang tidak terjangkau oleh sikat gigi. Ketika menggesekkan benang di antara celah gigi, lakukan dengan hati-hati. Gesekan yang terlalu keras dapat melukai gusi dan menyebabkan gusi berdarah.

4. Berkumur pakai obat kumur

Obat kumur juga jadi perawatan yang perlu dilakukan untuk mencegah karang gigi. Pastikan kamu menggunakan obat kumur mengandung antiseptik, untuk membantu mematikan kuman yang ada di dalam mulut.

5. Jaga pola makan

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, makan makanan manis juga bisa menjadi penyebab timbulnya karang gigi. Oleh karena itu, sebaiknya hindari makan makanan manis dan perbanyak minum air putih setelah makan.

Itulah penyebab timbulnya karang gigi serta cara mencegahnya. Kalau kamu telanjur memiliki karang gigi, cara mengatasinya adalah dengan scalling ke dokter gigi. Semoga membantu ya, Sahabat Fimela.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading