Sukses

Health

Awas! Ini 7 Kebiasaan Sehari-Hari yang Bisa Memicu Depresi

Fimela.com, Jakarta Depresi menjadi salah satu gangguan mental yang cukup berbahaya. Karena depresi, seseorang akan semakin menutup diri dari sekitar. Ia juga rentan menyakiti dirinya sendiri bahkan yang lebih buruk, ia rentan mengakhiri hidupnya sendiri. Mengutip dari laman healthline.com, ada banyak hal yang bisa memicu depresi.

Beberapa kebiasaan sehari-hari yang buruk, tanpa disadari juga meningkatkan risiko depresi. Ini bahkan bisa memicu beragam masalah  mental lainnya. Untuk menghindari depresi, penting bagi kita untuk menghindari aneka kebiasaan ini. 

Berikut adalah sederet kebiasaan sehari-hari yang bisa memicu depresi.

Menyimpan Dendam

Kebiasaan pertama yang bisa memicu depresi adalah menyimpan dendam. Marah, kecewa dan sakit hati atas perbuatan atau sikap orang lain ke kita adalah hal yang wajar. Namun, kamu harus bisa tetap tenang dan hindari menaruh dendam ke orang tersebut. Menyimpan dendam hanya akan membuatmu semakin sakit hati. Pikiran pun bisa kalut dan perlahan tapi pasti akan meningkatkan risiko depresi. 

Rendah Diri

Setiap orang memiliki kekurangan dalam dirinya. Kamu pun pastinya tak lepas dari berbagai kekurangan. Tapi, jangan jadikan kekurangan ini untuk merasa rendah diri. Semakin kamu rendah diri, ini akan meningkatkan risiko depresi.

Pesimis dan Hilang Harapan

Jadilah pribadi yang optimis. Kebiasaan berprasangka buruk, pesimis dan hilang harapan, akan membuatmu rentan depresi. Ini bahkan bisa membuatmu mengalami gangguan mental lain yang berbahaya. Selalu bersikap optimis, selesaikan masalah dengan pikiran tenang dan perasaan bahagia.

Tidak Bisa Menolak

Kebiasaan tidak bisa menolak juga bisa memicu depresi. Apalagi, jika apa yang kamu lakukan demi orang lain, tak pernah sejalan dengan hati dan perasaanmu. Sikap sulitnya menolak permintaan orang lain, akan mengganggu kesehatan mental. Ini juga akan menghapus ketegasan dalam hidupmu secara perlahan.

Kurang Tidur

Siapa yang suka begadang saat malam? Pastikan untuk mulai berbenah dalam menjalankan pola tidur yang sehat. Studi menemukan jika kurang tidur tak hanya memicu masalah kesehatan fisik, tetapi juga memicu masalah kesehatan psikis. Kurang tidur juga memicu depresi dan stres berat.

Bertahan dalam Hubungan Toxic

Saat menjalani sebuah hubungan, siapapun pasti ingin hubungan tersebut langgeng. Namun, jika hubungan tersebut hanya menyakiti dan membuatmu terluka setiap hari, pikir lagi jika ingin mempertahankannya. Para ahli percaya jika hubungan toxic yang menyakitkan, akan meningkatkan risiko depresi. Ini juga menghapus kebahagiaan dalam diri seseorang secara perlahan tapi pasti.

Malas

Sikap malas, tidak punya waktu yang berkualitas untuk diri sendiri dan kurang bijak dalam bermedia sosial, juga rentan memicu depresi. Jika kamu punya kebiasaan malas baik malas berpikir atau bergerak, ini akan sangat berbahaya buat kesehatan fisik pun psikis. Kamu yang tak bijak dalam bermedia sosial, juga rentan mengalami berbagai masalah, menaruh iri dengki ke orang lain dan tak mensyukuri hidup. 

Itulah sekian kebiasaan yang bisa memicu depresi. Hindari aneka kebiasaan sehari-hari di atas. Dan semoga informasi ini bermanfaat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading