Sukses

Health

8 Tips Diet Sehat

Fimela.com, Jakarta Diet umumnya hal yang dilakukan seseorang untuk mengurangi berat badan atau mengurangi risiko penyakit tertentu. Diet dapat dilakukan oleh setiap orang dengan caranya masing-masing. Namun, perlu diingat bahwa sebaiknya kamu melakukan diet sehat seperti mengonsumsi makanan sehat atau mengurangi porsi makan yang seharusnya dengan diimbangi oleh aktivitas fisik seperti olahraga.

Jika melakukan diet, diperlukan komitmen yang kuat karena diet tidak memberikan hasil yang instan sehingga kamu harus bersabar untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Sekarang ini juga sudah banyak catering makanan khusus untuk diet sehingga jika ingin praktis kamu dapat memesannya. Diet memang memberikan banyak manfaat bagi kesehatan seperti menurunkan risiko beberapa penyakit, menurunkan tekanan darah, dan lainnya.

Kamu dapat melakukan diet dengan memulai mengubah pola makan yang tadinya tidak sehat menjadi sehat karena memiliki pola makan sehat dapat memberikan beberapa manfaat yang dilansir dari cdc.gov:

  • Menjaga kesehatan kulit, gigi, dan mata
  • Mendukung ototMeningkatkan kekebalan
  • Memperkuat tulang
  • Menurunkan risiko penyakit jantung, diabetes tipe 2, dan beberapa jenis kanker
  • Mendukung kehamilan dan menyusui yang sehat
  • Membantu fungsi sistem pencernaan
  • Membantu dalam mencapai dan mempertahankan berat badan yang sehat

 

Tips Diet Sehat

Dilansir dari healthline.com, terdapat beberapa tips terbaik untuk diet sehat:

Jangan terburu-buru 

Ketika sedang makan jangan terburu-buru karena kecepatan makan dapat berpengaruh pada seberapa banyak makanan yang akan dimakan dan memungkinkan terjadinya peningkatan berat badan. Makan lebih dengan perlahan dapat memberi otak waktu untuk menyadari apakah kamu sudah kenyang atau belum. Selain itu, makan secara perlahan juga dapat mengurangi jumlah kalori dan menurunkan berat badan.

Memilih roti gandum bukan olahan

Kamu dapat memilih roti gandum sebagai ganti roti gandum olahan tradisional. Biji-bijian utuh dapat menurunkan risiko penyakit diabetes tipe 2, penyakit jantung, dan kanker. Selain itu, juga mengandung serat, vitamin B, dan mineral seperti seng, besi, magnesium, dan mangan. Oleh karena itu, pastikan kamu mengonsumsi roti yang menggunakan biji-bijian utuh saja, bukan campuran. 

Mengonsumsi yogurt Yunani

Yogurt Yunani memilih tekstur yang lebih kental dan lembut daripada yogurt biasa. Selain itu, yogurt Yunani mengandung protein dua kali lebih banyak daripada yogurt biasa dan mengandung karbohidrat serta laktosa yang rendah. Dengan memiliki protein yang tinggi dapat memberikan rasa kenyang lebih lama dan mengatur nafsu makan serta mengurangi asupan makanan. 

 

 

Mengonsumsi Telur Sebagai Sarapan Pagi

Telur kaya akan protein yang berkualitas tinggi dan memiliki nutrisi yang penting. Mengonsumsi telur di pagi hari dapat meningkatkan rasa kenyang dan mengurangi kalori sehingga membuat berat badan menjadi menurun.

Meningkatkan asupan protein

Mengonsumsi makanan yang kaya akan protein akan menurunkan kadar gherlin dan hormon kelaparan. Selain itu, protein juga membantu mempertahankan massa otot. 

Minum air yang cukup

Minum air yang cukup dapat menurunkan berat badan. Selain itu, meminum air sebelum makan akan mengurangi nafsu makan. Minum air putih juga dapat mengurangi asupan gula dan kalori. 

Mengonsumsi suplemen omega-3 dan vitamin D

Vitamin D merupakan vitamin yang larut dalam lemak dan penting untuk kesehatan tulang serta berfungsinya sistem kekebalan tubuh, sedangkan asam lemak omega-3 merupakan nutrisi yang berperan penting dalam tubuh untuk mengurangi peradangan, menjaga kesehatan jantung, dan meningkatkan fungsi otak. 

Memiliki waktu tidur yang cukup

Kekurangan tidur akan meningkatkan nafsu makan sehingga membuat peningkatan asupan kalori dan penambahan berat badan. 

 

 

 

 

*Penulis: Fani Varensia

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading