Sukses

Health

5 Aktivitas untuk Mengatasi Stres, Menyenangkan dan Memberi Ketenangan

Fimela.com, Jakarta Setiap orang pasti pernah mengalami stres. Baik karena pekerjaan, masalah pribadi, atau hal lainnya yang membebani pikiran dapat menyebabkan stres. Stres harus ditangani dengan baik agar tidak menyebabkan stres berat yang berujung pada burnout. Bila dipendam, stres akan mempengaruhi mood dan aktivitas jadi terganggu.

Saat mengalami stres, cara tiap orang menanganinya berbeda-beda. Misalnya dengan melakukan hobi, jalan-jalan, makan, atau berdiam diri untuk merenung. Tidak ada pilihan yang salah karena tergantung pada cara masing-masing orang. Namun terdapat beberapa aktivitas pilihan yang dipercaya mampu untuk meredakan stres. Menurut psikolog, berikut aktivitasnya.

1. Aktivitas Fisik

Bergerak dan beraktivitas yang membuatmu berkeringat seperti jalan-jalan dan olahraga dapat meredakan stres. Bahkan, olahraga dipercaya bekerja secara instan dalam menangani stres. Banyak penelitian yang menemukan bahwa aktivitas fisik secara signifikan berpengaruh baik pada stres, depresi, dan memperbaiki suasana. Saat stres jangan berdiam diri karena akan memperburuk kondisi.

2. Bermain dengan Hewan Peliharaan

Memiliki hewan peliharaan dapat membantu mengurangi stres dan memberi suasana hati baik. Saat menyentuh atau memeluk hewan, tubuh akan melepaskan hormon oksitosin yang memberi suasana hati positif. Penelitian menemukan orang yang memiliki hewan peliharaan cenderung lebih bahagia dan puas terhadap hidup, dan jarang mengalami stres.

3. Membuat Karya Seni

Melatih sisi kreatif akan membangkitkan perasaan baik dan meredakan stres. Cobalah untuk mewarnai, menggambar, merajut, atau kegiatan seni lainnya saat merasa penat dan stres. Kegiatan mewarnai memiliki efek meditatif yang dapat menurunkan tingkat kecemasan.

4. Mandi atau Berendam

Saat tubuh terkena air, suhu tubuh akan menurun dan memperlambat sensorik. Berendam atau mandi akan membuat tubuh lebih rileks dan melepaskan ketegangan pada otot hingga pikiran. Tambahkan stimulator sensorik seperti sabun dengan aroma menenangkan, bermain busa saat berendam, atau menggunakan spa tubuh. Aroma harum yang dihirup akan memberi efek tenang dan melepas kecemasan.

5. Memasak

Memasak ternyata dapat meredakan stres, terutama membuat kue. Mengaduk bahan masakan, menguleni adonan, hingga menghirup aroma kue yang dipanggang dapat meredakan kecemasan. Saat memasak, otak akan fokus pada proses memasak dan melupakan sejenak hal penyebab stres. Hal inilah yang membantu meredakan stres.

Kelola stres dengan baik agar tidak mengganggu aktivitas dan berdampak buruk bagi tubuh. Bila perlu, ambil waktu untuk diri sendiri dan kurangilah penggunaan gadget untuk mengurangi stres.

Penulis: Mufiidaanaiilaa A.S

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading