Sukses

Health

Cara Memanfaatkan Air Kelapa untuk Kesehatan, Bisa sebagai Penambah Energi

Fimela.com, Jakarta Sudah menjadi rahasia umum lagi buah kelapa adalah salah satu buah yang menyehatkan tubuh secara keseluruhan, mulai dari daging kelapanya hingga airnya kaya akan nutrisi penting. Air kelapa populer menjadi minuman favorit penduduk indonesia untuk mengatasi kehausan di tengah-tengah siang bolong, karena lebih dari 95 persen air kelapa adalah air. Terlihat dari minuman es kelapa muda hampir tersedia di seluruh restauran maupun warung pinggir jalan.

Dikutip dari Medical News Today, air kelapa kaya akan karbohidrat dan elektrolit seperti potasium, sodium, dan magnesium. Karena elektrolit ini, banyak yang menggunakan air kelapa untuk mengobati dan mencegah dehidrasi. Air kelapa terkadang disebut air kelapa hijau karena kelapa yang belum matang berwarna hijau.

Selain mengatasi dehidrasi, air kelapa juga menjadi pilihan banyak orang sebagai minuman pasca olahraga dan mengobati diare. Berbeda dengan santan yang sama-sama berasal dari kelapa, air kelapa sendiri memiliki rasa yang manis, terkadang sedikit asam, dan keunggulannya adalah mereka rendah gula dan kalori. Ini menjadi keuntungan bagi yang sedang proses menurunkan berat badan. Keunggulan dari air kelapa selengkapnya bisa simak beberapa list dibawah ini.

Air kelapa sebagai penambah energi

Kandungan  mineral, elektrolit, dan antioksidan pada air kelapa mampu untuk membantu meningkatkan tingkat energi tubuh dengan cepat. Tepat bagi seseorang yang aktif berolahraga untuk mencegah dari kelelahan dan dehidrasi. Air kelapa menjadi alternatif lain untuk minuman pra maupun pasca olahraga selain minuman pasca olahraga lainnya karena kandungan natrium dan karbohidratnya yang lebih sedikit.

Alternatif minuman berkalori rendah

Banyak tersebar di pasaran jenis-jenis minuman buah yang menjanjikan akan bermanfaat untuk tubuh. Alih-alih menyehatkan tubuh, nyatanya mereka memiliki kalori dan kandungan gula yang tinggi. Perbedaan kalori air kelapa bisa berbeda setengah kalori dari minuman jus lainnya. Maka dari itu, air kelapa menjadi pilihan yang terbaik bagi mereka yang ingin menyukai minuman manis namun tetap mendapatkan nutrisi penting tanpa menambah berat badan.

Air kelapa rendah lemak dan kolesterol

Menjadi minuman yang baik ketika dikonsumsi saat diet karena 94 persen air kelapa terdiri dari air yang bebas lemak dan kolesterol. Perlu diperhatikan pula jenis air kelapa yang diminum adalah murni air kelapa tanpa tambahan sirup atau pemanis buatan lainnya. 

Mencegah datangnya berbagai penyakit, salah satunya batu ginjal

Dikutip dari National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Diseases, 6 persen perempuan setidaknya memiliki batu ginjal selama masa hidupnya. Selain menjaga tubuh tetap terhidrasi, air kelapa membantu untuk membersihkan sistem jaringan dalam tubuh. Mereka bisa meningkatkan proses pembuangan kalium, klorida, dan sitrat dalam urin. Senyawa ini yang membuat batu ginjal mengendap di dalam ginjal. 

Tips konsumsi air kelapa untuk kesehatan

Paling benar untuk mengonsumsi air kelapa adalah dengan langsung berasal dari kelapa yang di belah secara langsung. Sudah banyak tersedia di supermarket atau warung-warung di pinggir jalan yang menjual air kelapa murni dengan menyediakan daging kelapanya maupun tidak. Sebelum membelinya, selalu pastikan untuk memilih air kelapa murni yang tidak ditambahkan gula atau pengawet.  Sangat tepat untuk meminumnya setelah berolahraga untuk mendapatkan kembali cairan yang hilang setelah melakukan aktivitas fisik yang mengeluarkan banyak energi. Air kelapa juga nikmat dikonsumsi siang hari disaat cuaca sedang panas terik matahari.

 

*Penulis: Balqis Dhia.

#Breaking Boundaries

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading