Sukses

Health

5 Manfaat Rutin Konsumsi Air Hangat, Salah Satunya Jaga Berat Badan Ideal

Fimela.com, Jakarta Rutin mengonsumsi air hangat, memberikan banyak manfaat untuk kesehatan. Kamu yang memiliki kebiasaan baik ini, dipercaya bakal memiliki kesehatan yang lebih baik dibandingkan orang-orang yang sering melewatkannya. 

Setiap orang memerlukan asupan cairan cukup setiap harinya. Asupan cairan ini tak hanya dari air putih saja, tetapi juga dari bahan makanan lain termasuk sup, sayur serta buah-buahan. Dengan mengonsumsi cairan cukup, ini akan mendukung kesehatan fisik pun psikismu menjadi lebih baik. 

Rata-rata orang dewasa memerlukan asupan cairan sebanyak 7 - 8 gelas perhari. Air bisa dikonsumsi dalam keadaan dingin atau pun hangat. Keduanya sama–sama memberi manfaat yang mengesankan. Namun, mengutip dari laman healthline.com, konsumsi air hangat ternyata memberi lebih banyak manfaat. Berikut beberapa manfaat tersebut:

Melancarkan Pencernaan

Manfaat pertama dari konsumsi air hangat rutin adalah melancarkan sistem pencernaan. Buatmu yang sering memiliki masalah dengan sistem pencernaan, cobalah untuk mulai rutin konsumsi air hangat. Air hangat bisa mempermudah proses pencernaan hingga pembuangan feses. 

Meredakan dan Mengatasi Radang Tenggorokan

Air hangat juga bermanfaat meredakan dan mengatasi radang tenggorokan. Pelan tapi pasti, air hangat bermanfaat meredakan radang akibat iritasi pun infeksi. Ini juga membantu melancarkan proses aliran darah dalam tubuh. Beberapa studi menyebutkan jika air hangat juga bisa bermanfaat mengatasi masalah hidung tersumbat. 

Meredakan Stres

Buatmu yang sedang stres atau depresi karena banyaknya pekerjaan, masalah dalam hubungan serta masalah lain, cobalah untuk meredakannya dengan konsumsi air hangat. Menambahkan sedikit air lemon, daun teh atau daun mint, akan bantu meredakan stres dengan lebih baik lagi.

Meredakan Nyeri Haid

Perempuan identik dengan masalah kesehatan yang satu ini. Jika kamu salah satu perempuan yang sering merasakan nyeri di kala haid, cobalah untuk meredakannya dengan konsumsi air hangat. Mengompres area tubuh yang nyeri dengan air hangat juga sangat membantu.

Menjaga Berat Badan Ideal

Studi menemukan jika konsumsi air hangat secara rutin akan membantu menjaga berat badan ideal. Bagaimana hal ini bisa terjadi? Air hangat bisa bermanfaat mengontrol suhu tubuh. Saat suhu tubuh terkontrol dengan baik, sistem peredaran darah dan kinerja organ tubuh secara keseluruhan juga akan berjalan dengan baik. Inilah yang kemudian bantu tubuh menjaga berat badan idealnya. 

Itulah sekian manfaat mengagumkan konsumsi air hangat untuk kesehatan tubuh. Selain manfaat di atas, manfaat lain yang bisa diperoleh antara lain mengurangi racun dalam tubuh, mengatasi sembelit, memperbaiki mood, bikin awet muda dan menjaga sistem kekebalan tubuh dalam kondisi optimal. Semoga informasi ini bermanfaat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading