Sukses

Health

10 Makanan yang Baik Dikonsumsi Saat Turunkan Berat Badan

Fimela.com, Jakarta Menurunkan berat badan memang bukan hal yang mudah. Tentu banyak proses yang harus kamu lalui untuk mencapai berat yang diinginkan. Menurunkan berat badan dapat dilakukan dengan berbagai cara mulai dari perubahan pola makan, melakukan olahraga atau aktivitas fisik, melakukan diet, atau mengikuti program-program tertentu. Namun, yang pasti dalam menurunkan berat badan, kamu harus konsisten dan memiliki komitmen yang tinggi karena hasil yang diberikan tidaklah cepat atau instan. 

Dilansir dari cdc.gov, mencapai penurunan berat badan yang sehat bukan mengenai diet atau program, tetapi gaya hidup dengan pola makan sehat yang diseimbangi dengan aktivitas fisik secara teratur dan pengaturan stress. Menurunkan berat badan juga terkadang dilakukan beberapa orang untuk mengurangi risiko penyakit tertentu. Oleh karena itu, pastikan kamu memilih cara penurunan berat badan yang tepat.

Namun, pastikan juga tubuh tetap mendapat nutrisi dan serat yang dibutuhkannya. Dalam sebuah studi menemukan bahwa beberapa makanan seperti buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian, dan yogurt dapat dikaitkan dengan penurunan berat badan, sedangkan makanan seperti keripik kentang, minuman manis, daging merah, dan daging olahan dapat dikaitkan dengan penambahan berat badan. Oleh karena itu, sebaiknya kamu membatasi untuk pengonsumsian makanan yang digoreng, ditambahkan gula, daging tinggi lemak, dan makanan olahan. 

 

 

Makanan yang Dapat Membantu Menurunkan Berat Badan

Berikut beberapa makanan yang dapat membantu menurunkan berat badan

Telur

Dilansir dari medicalnewstoday.com, telur merupakan makanan yang cukup terkenal dan biasanya sering digunakan untuk sarapan. Selain itu, telur juga termasuk makanan yang dapat membantu dalam menurunkan berat badan karena dapat mengurangi rasa lapar dan memberikan rasa kenyang yang lebih lama. Telur juga memberikan manfaat pada penurunan gula darah dan kadar insulin serta tingkat ghrelin. 

Oatmeal

Oatmeal dapat memberikan rasa kenyang yang lebih lama. Makanan ini juga mengandung banyak protein dan serat dengan gula yang lebih sedikit. 

Buncis, lentil, dan kacang polong

Kelompok kacang-kacangan ini dapat memberikan pengaruh pada penurunan berat badan karena kandungan protein dan seratnya yang memberikan efek rasa kenyang. Selain itu, kacang-kacangan juga mengandung serat larut yang dapat memperlambat pencernaan dan penyerapan. 

Kacang 

Kacang memiliki kandungan protein dan serat yang memberikan pengaruh pad aberat badan. Selain itu, kandungan lemaknya juga dapat menyehatkan jantung dan memberikan nutrisi bermanfaat lainnya.

Berry

Berry merupakan buah yang mengandung serat yang tinggi sehingga dapat membantu penurunan berat badan. 

 

 

 

 

Alpukat

Alpukat merupakan buah yang menyediakan serat dan lemak bermanfaat serta nutrisi lainnya. Buah ini juga dapat membantu mengatur berat badan seseorang. Orang-orang yang mengonsumsi alpukat akan memiliki pola makan yang lebih sehat secara keseluruhan. 

Biji Chia

Dilansir dari eatingwell.com, biji chia mengandung serat yang dapat memperlambat pencernaan dan memberikan rasa kenyang yang lebih lama sehingga dapat menurunkan berat badan. Pengonsumsinya juga dapat digabungkan dengan beberapa makanan sarapan atau ringan seperti puding atau selai berry. 

Ikan berlemak

Makanan laut memiliki kandungan protein yang tinggi sehingga dapat memberikan raya kenyang lebih lama. 

Sayuran silang

Sayuran silang seperti brokoli, kembang kol, kubis Brussel, kangkung, arugula, dan sayuran hijau gelap lainnya memiliki kandungan kalori dan karbohidrat yang rendah sehingga dapat menurunkan berat badan. Selain itu, sayuran tersebut juga dapat mengurangi risiko kanker dan pengurangan peradangan jika dikonsumsi secara teratur. 

Apel

Buah apel memiliki kandungan air dan serat yang tinggi serat kalori yang rendah sehingga dapat membantu penurunan berat badan. 

 

 

 *Penulis: Fani Varensia

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading