Sukses

Health

5 Alasan Mengapa Kamu Harus Mencoba Olahraga Pilates

Fimela.com, Jakarta Pernahkah Sahabat Fimela mendengar kata pilates? Mungkin kata satu ini sudah tidak begitu asing, ya. Pilates adalah salah satu jenis olahraga yang mengutamakan kelenturan tubuh. Memang sih, olahraga satu ini tampak serupa dengan yoga. Namun sebenarnya, pilates adalah versi modern dari yoga. 

Pilates ditujukan untuk mengharmonisasikan tubuh dan pikiran. Olahraga ini melibatkan gerakan yang cukup lambat dan santai, serta beberapa teknik pernafasan. Gerakan yang dilakukan cukup simple dan merilekskan, oleh karena itu banyak orang yang tertarik untuk melakukan olahraga satu ini. 

Ada berbagai manfaat yang bisa didapat saat melakukan pilates. Oleh karena itu, inilah beberapa alasan mengapa kamu harus mencoba olahraga pilates. Yuk, simak selengkapnya berikut ini. 

1. Memperkuat Otot Inti Pada Tubuh

Banyak orang yang melakukan pilates untuk memperkuat otot inti pada tubuh mereka. Pada dasarnya, otot inti adalah otot yang membentang mulai dari otot dada bawah hingga sekitar pinggul. Dengan pilates, kekuatan otot ini akan meningkat sehingga tubuh lebih stabil, kokoh, dan tidak mudah lelah karena banyak gerakan berat.

2. Melenturkan Tubuh

Dapat diketahui bahwa gerakan-gerakan dalam pilates mengutamakan gerakan yang santai dan banyak peregangan otot dan sendi. Oleh karena itu, pilates bermanfaat untuk meningkatkan kelenturan dan fleksibilitas pada tubuh. Selain itu, otot dan sendimu akan terlatih sehingga gerakan tubuhmu akan lebih luwes. 

3. Memperbaiki Postur Tubuh

Selain memperkuat otot inti, pilates juga dapat menstabilkan koordinasi antara tubuh dan pikiran sehingga postur yang buruk dapat diperbaiki. Jika postur tubuh terlihat buruk, besar kemungkinan rasa kepercayaan dirimu menurun. Oleh karena itu pilates membantu agar tubuhmu terlihat lebih ramping dan jenjang. 

4. Meningkatkan Harmonisasi antara Tubuh dan Pikiran

Pasalnya, pilates dan yoga memiliki hal yang hampir serupa. Kedua olahraga tersebut melibatkan gerakan yang dapat meningkatkan koneksi atau harmonisasi yang kuat antara tubuh dan pikiran. Tak heran, banyak orang yang merasa rileks sesaat ataupun setelah melakukan olahraga tersebut. 

5. Membangkitkan Energi

Gerakan-gerakan yang tercakup dalam pilates dapat membantu melancarkan pernafasan dan sirkulasi darah. Selain itu, pilates dapat menstimulasi otot dan tulang belakang. sehingga produksi energi dalam tubuh semakin meningkat. Dengan tingginya energi yang ada dalam tubuh, kamu semakin semangat menjalani aktivitas sehari-hari.

Bagaimana, Sahabat Fimela? Setelah mengetahui manfaat-manfaat yang ditawarkan oleh olahraga pilates, apakah kamu jadi tertarik mencobanya? 

Penulis : Auliani Faiziah Haspari

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading