Sukses

Health

6 Olahraga Terbaik yang Bisa Menurunkan Berat Badan

Fimela.com, Jakarta Olahraga merupakan kegiatan yang telah menjadi rutinitas sebagian besar orang. Dengan melakukan olahraga, tubuh dapat terjaga kesehatannya dan terhindar dari berbagai macam penyakit. Namun, saat ini masih banyak orang yang juga jarang melakukan olahraga karena malas atau tidak memiliki waktu. Padahal, olahraga dapat dilakukan dalam waktu yang singkat dan di mana saja.

Olahraga terbagi dalam beberapa jenis mulai dari olahraga ringan hingga olahraga berat. Melakukan olahraga juga memiliki banyak manfaat seperti memperbaiki suasana hati, mengurangi risiko banyak penyakit, memperkuat tulang, menurunkan berat badan, dan lainnya. Dalam menurunkan berat badan, olahraga menjadi strategi yang umum digunakan karena menurunkan berat badan juga tidak hanya melulu tentang pengurangan jenis makanan tertentu, tetapi penerapan pola hidup sehat seperti mengonsumsi makanan sehat yang diseimbangi dengan aktivitas fisik yang rutin. 

Walaupun hasil yang diberikan tidak secara instan, tetapi dengan bersabar dan berkomitmen kamu tentu akan mencapai berat badan yang diinginkan. Kamu dapat melakukan beberapa olahraga terbaik ini untuk menurunkan berat badan yang dilansir dari healthline.com.

Berjalan

Berjalan merupakan salah satu olahraga terbaik untuk menurunkan berat badan karena dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja. Selain itu, olahraga ini juga menjadi cara yang nyaman dan mudah untuk pemula untuk mulai berolahraga tanpa keribetan membeli peralatan yang dibutuhkan. Kamu dapat memulainya dengan berjalan kaki selama 30 menit, 3-4 kali dalam seminggu. Setelah itu, kamu dapat meningkatkan durasi atau frekuensi berjalannya saat tubuh merasa menjadi lebih bugar.

Jogging atau lari

Jogging atau lari merupakan latihan yang bagus untuk menurunkan berat badan. Walaupun hampir sama, tetapi kecepatan jogging umumnya antara 4-6 mph (6,4-9,7 km/jam), sedangkan kecepatan lari lebih cepat dari 6 mph atau 9,7 km/jam. Sebuah penelitian juga menemukan bahwa lari dan jogging dapat membakar lemak visceral atau lemak perut yang di mana lemak ini dapat membungkus organ dalam dan memiliki kaitan dengan berbagai penyakit kronis seperti penyakit jantung dan diabetes. Kamu dapat memulai jogging selama 20-30 menit, 3-4 kali per minggu. 

Bersepeda

Bersepeda merupakan olahraga yang dapat meningkatkan kebugaran badan dan menurunkan berat badan. Tak hanya menurunkan berat badan, sebuah penelitian juga menemukan bahwa bersepeda secara teratur dapat membuat seseorang menjadi lebih bugar dengan baik secara keseluruhan dan meningkatkan sensitivitas insulin, serta risiko penyakit jantung, kanker, dan kematian yang lebih rendah.

Latihan beban

Latihan beban merupakan pilihan yang cukup banyak bagi beberapa orang untuk menurunkan berat badan karena dapat membakar kalori selama dan setelah berolahraga. Melakukan latihan beban dapat membantu kamu dalam membangun kekuatan dan mendorong pertumbuhan otot serta meningkatkan laju metabolisme.

Latihan interval

Latihan interval atau yang dikenal dengan Latihan Interval Intensitas Tinggi (HIIT) merupakan istilah yang digunakan untuk latihan intens singkat bergantian dengan periode pemulihan. Latihan interval juga merupakan strategi penurunan berat badan yang efektif dan dapat diterapkan pada banyak olahraga. Biasanya latihan ini berlangsung selama 10-30 menit dan dapat membakar banyak kalori dalam waktu yang lebih singkat.

Berenang

Berenang merupakan cara yang menyenangkan untuk menurunkan berat badan dan membentuk tubuh. Cara berenang juga dapat mempengaruhi jumlah kalori yang akan dibakar. Selain itu, berenang juga dapat mengurangi beberapa faktor risiko penyakit tertentu seperti jantung dan mengurangi resiko terjadinya cedera atau nyeri sendi.

 

*Penulis: Fani Varensia.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading