Sukses

Health

5 Tips Menurunkan Kolesterol dengan Diet Sehat

Fimela.com, Jakarta Kolesterol adalah senyawa lemak yang ditemukan dalam tubuh dan juga ada dalam beberapa makanan. Meskipun kolesterol dibutuhkan oleh tubuh untuk fungsi normal, terlalu banyak kolesterol dapat menjadi masalah kesehatan seperti penyakit jantung dan stroke. 

Dalam mengatasi kolesterol tinggi, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh, salah satunya adalah melakukan diet sehat. Dilansir dari Healthline, diet sehat adalah pola makan yang mencakup berbagai jenis makanan yang memberikan nutrisi yang seimbang dan mencukupi untuk tubuh.

Tujuan dari diet sehat adalah memenuhi kebutuhan nutrisi harian, menjaga keseimbangan energi, dan mendukung kesehatan secara keseluruhan. Diet sehat melibatkan konsumsi makanan segar, alami, dan minim pengolahan, serta menghindari atau membatasi makanan yang tinggi lemak jenuh, gula tambahan, dan natrium. Hal ini sejalan dengan pola hidup sehat untuk menurunkan kadar kolesterol.

Lalu, bagaimana menerapkan diet sehat untuk menurunkan kolesterol? Simak tips berikut ini ya sahabat Fimela.

1. Memilih makanan yang mengandung lemak sehat

Memilih makanan yang megandung sumber lemak yang sehat merupakan langkah awal dalam menurunkan kolesterol. Selama menerapkan diet sehat, hindarilah mengonsumsi makanan olahan, makanan cepat saji, dan daging berlemak. Sebagai gantinya, pilihlah lemak tak jenuh seperti lemak sehat yang terdapat dalam alpukat, ikan salmon, dan kacang-kacangan.

Mengonsumsi makanan yang kaya akan serat dan antioksidan menjadi kunci sukses dalam menurunkan kolesterol

2. Konsumsi serat untuk menurunkan kolesterol

Dilansir dari Mayo Clinic, makanan tinggi serat seperti oatmeal, buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian merupakan pilihan yang tepat untuk menurunkan kadar kolesterol. Hal ini dikarenakan makan tersebut mengandung serat larut yang dapat membantu mengurangi penyerapan kolesterol di saluran pencernaan dan membantu menghilangkan kolesterol jahat (LDL) dari tubuh.

3. Buah-buahan dan sayuran yang kaya antioksidan

Buah-buahan dan sayuran memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan jantung dan menurunkan kolesterol. Hal tersebut dikarenakan buah dan sayuran memiliki sumber serat yang baik serta mengandung antioksidan yang kuat. Salah satu contoh buah yang kaya akan antioksidan adalah blueberry. Blueberry mengandung senyawa bernama flavonoid yang memiliki efek anti-inflamasi dan antioksidan yang dapat melindungi pembuluh darah dan menurunkan risiko penyakit jantung.

Selain itu, sayuran seperti brokoli dan bayam juga merupakan pilihan yang sangat baik karena mengandung serat yang dapat membantu mengurangi penyerapan kolesterol di usus. Selain itu, brokoli mengandung senyawa sulforaphane yang memiliki efek protektif pada jantung dan sistem kardiovaskular. Sedangkan, bayam kaya akan vitamin C, vitamin E, dan antioksidan yang efektif membantu melindungi sel-sel dari kerusakan oksidatif. 

 

Selalu ingat untuk mengonsumsi makanan yang mengandung protein rendah lemak

4. Mengonsumsi protein rendah lemak

Protein merupakan komponen penting dalam diet sehat, terutama dalam menurunkan kadar kolesterol. Salah satu pilihan protein rendah lemak yang sangat baik adalah ikan salmon, sarden, dan tuna. Hal ini dikarenakan ikan tersebut mengandung asam lemak omega-3 yang sehat untuk jantung.

Dilansir dari National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Diseases, asam lemak omega-3 memiliki sifat anti-inflamasi dan dapat membantu menurunkan kadar trigliserida dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL). Selain itu, ikan juga merupakan sumber protein tinggi dengan lemak yang lebih sehat dibandingkan daging merah.

Selain itu, telur juga merupakan sumber protein yang baik. Telur mengandung vitamin, mineral, dan protein berkualitas tinggi. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi telur dalam jumlah moderat tidak memiliki dampak negatif pada kadar kolesterol.

5. Konsumsi air putih secara rutin

Selain menjaga pola makan yang sehat minum air putih dalam jumlah yang cukup juga merupakan bagian penting dari diet penurunan kolesterol yang sehat. Meskipun air putih bukanlah makanan yang secara langsung dapat mengurangi kolesterol dalam tubuh, minum air putih yang cukup memiliki dampak positif pada kesehatan dan dapat mendukung proses penurunan kolesterol.

 

*Penulis: Amelia Septika

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading