Sukses

Health

5 Manfaat Mengagumkan Berkebun untuk Kesehatan Mental

Fimela.com, Jakarta Perlu kita ketahui, berkebun bukanlah sekedar hobi. Studi menemukan jika aktivitas ini memberi banyak manfaat buat kesehatan fisik pun psikis seseorang. Berkebun mampu menenangkan pikiran, mengurangi stres dan sangat baik dalam menjaga mental seseorang. Terlebih lagi, jika aneka tanaman di kebun berwarna-warni, memiliki aroma harum dan segar. Ini menambah manfaat yang diberikan. 

Mengutip dari laman puschdoctor.co.uk, ada beberapa manfaat mengagumkan dari aktivitas berkebun untuk kesehatan mental. Adapun manfaat tersebut antara lain sebagai berikut:

Menenangkan Pikiran

Jika kamu ingin mendapatkan pikiran yang lebih tenang dan bahagia, cobalah untuk menyukai aktivitas berkebun. Merawat tanaman dari masih benih hingga tumbuh dewasa dan berbunga, akan memberikan kepuasan tersendiri dalam hidup. Ini juga melatih kesabaran dan kasih sayang dalam dirimu agar menjadi lebih baik. 

Membentuk Pola Makan yang Sehat

Tanpa disadari, berkebun membantumu membentuk pola makan yang lebih sehat. Kamu bisa menanam segala jenis sayuran yang lebih sehat, tanpa pestisida dan bahan kimia lain. Kamu pun bisa mendapat aneka sayuran yang siap petik dengan kesegaran maksimal setiap harinya. Para ahli menemukan jika hobi berkebun, membantu seseorang memiliki pola makan dan pola hidup yang lebih sehat.

Bikin Bahagia

Ya, berkebun bisa memberikan efek bahagia pada otak dan hati. Melihat aneka tanaman yang ditanam tumbuh subur, meningkatkan hormon bahagia dalam tubuh. Kamu pun akan lebih merasa nyaman, tenang dan bahagia dengan keberadaan aneka tanaman di sekitarmu. 

Makin Fokus

Saat pikiran dan hati bahagia, tentu hal ini akan meningkatkan kualitas otakmu. Ini juga akan meningkatkan fokusmu. Udara segar yang didapat dari tanaman yang kamu tanam, akan menciptakan oksigen yang lebih sehat untukmu. Inilah yang diklaim bahwa berkebun memungkinkanmu memiliki otak lebih sehat dan fokus.

Mengurangi Risiko Stres

Dengan berkebun, pekerjaan atau masalah apapun yang bikin stres, perlahan tapi pasti akan berkurang. Sebagai aktivitas yang bikin bahagia, tentunya berkebun bisa mendoronmu untuk mengatasi dan mengelola stres dengan lebih baik.

Di atas adalah beberapa manfaat mengagumkan berkebun bagi kesehatan mental. Selain berkebun, agar mentalmu tetap sehat dan bahagia, pastikan untuk menjadi pribadi yang lebih lapang dada dan bersyukur dengan segala keadaanmu. Jaga sosialisasi dengan orang lain secara lebih baik. Pastikan kamu bersikap baik ke orang lain, agar mereka bersikap baik pula padamu.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading