Sukses

Health

7 Cara Mengatasi Kolesterol Tinggi dengan Mengonsumsi Makanan Berserat

Fimela.com, Jakarta Serat adalah komponen penting dalam makanan yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Salah satu manfaat mengonsumsi makanan berserat tinggi adalah untuk mengatasi kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Makanan dengan serat tinggi sangat mudah ditemukan di pasar maupun supermarket.

Kolesterol sering disebabkan karena mengonsumsi makanan yang kurang sehat. Kolesterol tinggi dapat mengakibatkan pembentukan plak di dalam arteri, yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, stroke, dan penyakit kardiovaskular lainnya. Makanan tinggi serat membantu mengurangi penyerapan kolesterol dalam tubuh, sehingga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol total dan kolesterol LDL (kolesterol jahat).

Mengatasi kolesterol tinggi memerlukan perubahan gaya hidup yang sehat dan komitmen untuk menjaga kesehatan jantung. Untuk itu, Sahabat Fimela harus mulai mengubah pola makan dengan baik. Berikut cara mengatasi kolesterol tinggi dengan mengonsumsi makanan berserat:

Jenis Makanan Berserat untuk Menurunkan Kolesterol

1. Biji-bijian Utuh

Biji-bijian utuh seperti oatmeal, beras merah, quinoa, dan gandum utuh kaya akan serat larut. Serat larut membentuk lapisan di dalam usus yang membantu mengikat kolesterol dan mengeluarkannya dari tubuh sebelum diserap. Sehingga biji-bijian utuh sangat baik untuk menurunkan kolesterol.

2. Buah-buahan

Buah-buahan seperti apel, pir, jeruk, stroberi, dan blueberry mengandung serat larut yang tinggi. Pektin, salah satu jenis serat larut yang banyak ditemukan dalam buah-buahan, dapat membantu mengurangi kadar kolesterol. Buah dapat dikonsumsi sebelum atau sesudah makan.

3. Sayuran

Sayuran seperti brokoli, wortel, bayam, dan kacang polong adalah sumber serat yang baik. Serat tidak larut dalam sayuran membantu meningkatkan pergerakan usus dan mengikat sebagian kolesterol dalam usus. Hindari sayuran yang berkolesterol tinggi seperti kol goreng, buncis goreng, kubis goreng, hingga keripik yang terbuat dari sayuran.

4. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan seperti kacang almond, kenari, dan kacang polong mengandung serat larut dan tidak larut. Kacang-kacangan memiliki manfaat yang dapat membantu mengurangi penyerapan kolesterol dan menjaga kesehatan jantung. Konsumsi kacang-kacangan secukupnya saja.

Jenis Makanan Berserat untuk Menurunkan Kolesterol

5. Buncis dan Kacang Panjang

Kedua jenis sayuran ini mengandung serat yang membantu mengurangi penyerapan kolesterol dan meningkatkan pergerakan usus. Sayangnya, terlalu banyak mengonsumsi buncis dan kacang panjang justru membuat naiknya asam urat. Walaupun baik untuk kolesterol, sebaiknya hati-hati mengonsumsi buncis dan kacang panjang untuk pemilik asam urat.

6. Kentang dan Ubi Jalar

Kentang dan ubi jalar mengandung serat yang membantu mengontrol kadar kolesterol dan menjaga kesehatan pencernaan. Kentang dan ubi jalar memiliki kandungan karbohidrat yang bisa dijadikan sebagai pilihan untuk mengganti nasi.

7. Biji-bijian Cerna Cepat

Biji-bijian cerna cepat seperti flaxseed (biji rami) kaya akan serat larut dan juga asam lemak omega-3. Manfaat dari biji-bijian ini memiliki efek positif pada kesehatan jantung dan dapat membantu menurunkan kadar kolesterol.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading