Sukses

Health

Segar Berkhasiat, Kenali Manfaat Alpukat untuk Penderita Kolesterol

Fimela.com, Jakarta Alpukat merupakan salah satu jenis buah yang memiliki warna hijau dan juga memiliki Tekstur yang lezat, serta creamy. Bukan hanya dikenal karena tekstur dan rasanya, alpukat juga telah lama dikenal sebagai buah yang memiliki banyak sekali kandungan yang baik untuk menjaga tubuh kita agar tetap sehat. Salah satu manfaatnya adalah untuk memberikan perlindungan ekstra untuk penderita kolesterol.

Dilansir oleh Heart.org, kolesterol adalah zat yang memiliki Tekstur seperti lilin. Namun, jika kadar kolesterol itu tinggi akan meningkat resiko penyakit jantung. Pada dasarnya, Kolesterol tidak selalu memberikan dampak buruk untuk tubuh. Melainkan tubuh masih memerlukan kandungan kolesterol untuk menciptakan hormon, vitamin D, dan berbagai macam kandungan natural yang dapat membantumu untuk mencerna makanan. Kandungan kolesterol bisa ditemukan di jenis makanan hewani, seperti telur, daging, dan juga keju. 

Dilansir oleh Medlineplus.gov, kolesterol sendiri memiliki dua tipe, yaitu kolesterol jahat yang dikenal dengan nama Low-density Lipoprotein (LDL) dan Kolesterol baik yang dikenal dengan nama High-density Lipoprotein (HDL). Kolesterol LDL biasanya akan membawa seluruh kolesterol di dalam tubuh melalui pembuluh darah arteri. Apabila kandungan ini terlalu tinggi maka LDL akan membuat tumpukan di dinding arteri yang dimana akan memberikan dampak buruk untuk kesehatan manusia. Sedangkan HDL berfungsi untuk mengembalikan kolesterol yang berlebih ke hati dan kemudian akan dikeluarkan dari tubuh oleh karena itu kolesterol HDL dikenal sebagai kolesterol baik. 

Namun, yang harus Sahabat FIMELA ketahui Adalah tidak semua makanan hewani yang mengandung kadar kolesterol, entah itu yang jahat maupun baik. Akan tetapi, makanan seperti buah buahan dan sayur sayuran juga mengandung kolesterol. Salah satu buah yang memberikan dampak baik atau mengandung kolesterol baik adalah Alpukat. Maka dari itu Sahabat FIMELA Harus mengetahui manfaat dan kandungan yang diberikan oleh Alpukat kepada seseorang yang menderita kolesterol.

 

 

Kandungan yang Ramah untuk Penderita Kolesterol

Dilansir oleh Medicalnewstoday.com, Alpukat pada dasarnya tidak dapat membantu menurunkan kolesterol jahat akan tetapi Alpukat dapat membantu menyeimbangkan kadar kolesterol baik yang ada di dalam tubuh. Alpukat mengandung sejenis lemak yang dikabarkan baik untuk menjaga kesehatan. Sedangkan untuk orang orang yang menderita kolesterol lemak yang harus dihindarkan adalah lemak yang mengandung tingkat lemak jenuh yang tinggi. 

Makanan yang mengandung kadar lemak tak jenuh yang tinggi adalah minyak Zaitun, kacang Kacangan, dan minyak ikan. Sedangkan makanan yang mengandung banyak lemak jenuh antara lain susu dan daging. Berdasarkan penelitian yang dikutip oleh Medicalnewstoday.com pada tahun 2015, mengungkapkan bahwa adanya 10 peneliti yang berbeda yang meneliti perihal hubungan antara Alpukat dan kolesterol.  Mereka menemukan bahwa ketika seorang partisipan mengkonsumsi Alpukat sebagai penunjang lemak daripada lemak hewani, adanya perubahan dalam kadar kolesterol LDL dan trigliserida dalam darah dan terbukti juga dapat menurunkan -18,80 mg per desiliter.   

Trigliserida Adalah sejenis lemak yang biasanya dapat ditemukan di dalam tubuh. Biasanya jika kandungan lemak ini dikombinasikan dengan tingkat LDL yang tinggi atau HDL yang rendah dapat meningkatkan resiko serangan jantung ataupun stroke. Dilansir oleh NutritionFacts.org, Alpukat sebenarnya tidak dapat menurunkan kolesterol, tetapi dengan mengurangi konsumsi produk hewani dapat menurunkan kolesterol.

Alpukat memang memiliki kandungan fitosterol, akan tetapi untuk menurunkan kolesterol LDL kandungan fitosterol tidak akan memberikan dampak yang besar untuk mengurangi kolesterol. Berdasarkan penelitian 2014, untuk mengurangi kadar kolesterol LDL setidaknya seseorang harus mengkonsumsi 600–3.300 miligram (mg) kandungan fitosterol per harinya. Intinya 1 buah alpukat tidaklah cukup untuk memenuhi kebutuhan harian fitosterol.

Meskipun begitu, bukan berarti alpukat tidak memiliki manfaat untuk menurunkan kolesterol. Alpukat dapat memberikan manfaat seperti membantu meningkatkan kadar kolesterol HDL dan dan dapat secara perlahan dapat menurunkan kadar kolesterol LDL. 

Kesimpulannya mengkolaborasikan alpukat dalam pola makan dan mengurangi lemak hewani juga dapat memberikan dampak positif terutama dalam meningkatkan kadar kolesterol HDL.

 

 

Manfaat Lainnya

Selain dari dapat meningkatkan potensi kadar kolesterol HDL, alpukat juga mengandung banyak sekali nutrisi yang baik untuk tubuh kita, Beberapa diantaranya seperti,

  • Vitamin A, 
  • Folat, 
  • Vitamin E, 
  • Vitamin K, 
  • Kolin, 
  • Tembaga,
  • Kalium,
  • Magnesium,
  • Fosfor.

Resep Alpukat Kerok

Bahan-bahan yang kamu butuhkan untuk membuat alpukat kerok, seperti:

  • 5 sendok makan Milo,
  • 3 buah alpukat,
  • Susu kental manis secukupnya,
  • Es batu secukupnya,

Cara membuatnya adalah dengan:

  1. Kerok daging alpukat dengan sendok kemudian masukan ke dalam mangkok,
  2. Masukan es batu secukupnya,
  3. Campurkan susu kental manis secukupnya dan aduk-aduk,
  4. Taburkan Milo secukupnya dan sajikan.

Avocado, Kiwi and Lime Ice Lollies

Bahan-bahan yang kamu butuhkan untuk membuat Avocado, Kiwi and Lime Ice Lollies:

  • 1 buah alpukat dan potong kotak-kotak,
  • 2 buah kiwi dan potong kotak-kotak,
  • 400 ml air kelapa muda,
  • 1 buah perasan nipis.

Cara membuat Avocado, Kiwi and Lime Ice Lollies bisa dikatakan sederhana karena kamu hanya butuh untuk memasukan semua bahan-bahan kedalam blender dan blender semua komponen menjadi satu. Kemudian masukan kedalam cetakan es krim dan seharusnya satu resep ini dapat membuat 8 es krim.

Avocado Toast

Bahan-bahan untuk membuat Avocado Toast,

  • ½ buah alpukat,
  • ½ sendok teh perasan lemon segar,
  • ½ sendok teh garam kosher,
  • ⅛ sendok teh lada hitam,
  • 1 potong roti gandum,
  • ⅛ sendok teh lada hitam,
  • ½ sendok teh extra-virgin olive oil.

Cara membuatnya adalah seperti,

  1. Campurkan alpukat, perasan lemon, garam, dan lada dalam satu mangkok. Hancurkan menggunakan garpu sampai rata,
  2. Panggang roti gandum dengan mengkolaborasikan olive oil,
  3. Setelah roti sudah dipanggang, oleskan selai alpukat yang telah dibuat.

 

 

Penulis: FIMELA Sherly Julia Halim

 

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading