Sukses

Health

5 Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi Secara Alami

Fimela.com, Jakarta Kolesterol tinggi atau disebut juga hiperkolesterolemia, terjadi ketika kadar kolesterol LDL (low-density lipoprotein) atau kolesterol jahat dalam darah meningkat. Kolesterol LDL bertanggung jawab membawa kolesterol dari hati ke seluruh tubuh. Ketika ada terlalu banyak kolesterol LDL dalam darah, lemak dapat menumpuk di dinding arteri dan membentuk plak.

Kondisi ini dapat membuat arteri menjadi sempit dan meningkatkan risiko serangan jantung atau stroke. Kadar kolesterol total dalam darah yang baik yaitu kurang dari 200 mg/dL. Kadar kolesterol HDL yang tinggi dikaitkan dengan perlindungan terhadap penyakit jantung, karena HDL membantu mengangkut kolesterol dari arteri kembali ke hati untuk dikeluarkan dari tubuh.

Menurunkan kolesterol tinggi secara alami memerlukan perubahan gaya hidup yang berkelanjutan. Penting untuk konsisten dengan perubahan-perubahan ini dan tetap mengontrol kadar kolesterol secara teratur melalui konsultasi dengan dokter. Berikut cara menurunkan kolesterol tinggi secara alami:

Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi

1. Makan dengan Bijak

Pilihan makanan adalah kunci utama untuk mengelola kadar kolesterol. Batasi asupan lemak jenuh dan trans fat, yang banyak ditemukan dalam makanan olahan, daging berlemak, dan makanan cepat saji. Gantilah lemak jenuh dengan lemak tak jenuh, seperti minyak zaitun, alpukat, dan kacang-kacangan. Makan makanan kaya serat dan konsumsi ikan berlemak.

2. Lakukan Olahraga Teratur

Aktivitas fisik secara teratur dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol HDL (kolesterol baik) dan mengurangi kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat). Cobalah untuk berolahraga selama setidaknya 30 menit sehari, seperti berjalan, berlari, bersepeda, atau berenang.

3. Konsumsi Kacang-kacangan

Kacang-kacangan seperti almond, kenari, dan kacang tanah mengandung lemak sehat, serat, dan fitonutrien yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL. Konsumsilah secara rutin dengan porsi yang sesuai kebutuhanmu.

Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi

4. Konsumsi Bawang Putih

Bawang putih mengandung senyawa allicin, yang telah terbukti dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL. Sahabat Fimela dapat menambahkan bawang putih ke dalam masakan atau mengonsumsi suplemen bawang putih. Jangan lupa selalu konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu.

5. Minum Teh Hijau

Teh hijau mengandung senyawa bernama katekin, yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL. Minum secangkir teh hijau setiap hari dapat memberikan manfaat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading