Sukses

Health

Apakah Senam Bisa Menurunkan Kolesterol dengan Cepat? Simak Penjelasannya

Fimela.com, Jakarta Kadar kolesterol berlebih dalam tubuh dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke. Oleh karena itu, penting untuk menjaga kadar kolesterol dalam batas yang sehat. Sahabat Fimela bisa menjaga kadar kolesterol tetap normal dengan cara berolahraga.

Salah satu olahraga yang bisa dilakukan secara rutin, mudah dan tidak membutuhkan biaya mahal adalah senam. Senam atau olahraga aerobik adalah latihan fisik yang melibatkan gerakan-gerakan tubuh yang berirama dan terkoordinasi. Senam termasuk aktivitas seperti berlari, berjalan cepat, bersepeda, berenang, serta kelas-kelas senam seperti aerobik dan Zumba.

Senam sering kali menjadi bagian penting dari gaya hidup sehat dan aktif, dan memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan. Lalu, apakah senam bisa dijadikan sebagai cara untuk menurunkan kolesterol dengan cepat? Simak penjelasannya dalam artikel berikut ini:

Manfaat Senam untuk Kolesterol

Olahraga aerobik, termasuk senam, telah terbukti dapat meningkatkan kadar kolesterol HDL dalam tubuh. Kolesterol HDL membantu membersihkan arteri dari kolesterol LDL yang berlebih, sehingga tingkat yang lebih tinggi dapat membantu mencegah penyumbatan arteri. Senam juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL dalam tubuh.

Ketika berolahraga, tubuh memerlukan lebih banyak energi, dan itu dapat merangsang hati untuk mengeluarkan kolesterol LDL dari darah. Selain itu, senam membantu meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap insulin, yang dapat membantu mengendalikan kadar gula darah dan kadar kolesterol LDL. Senam adalah cara yang efektif untuk membakar kalori dan membantu menurunkan berat badan atau menjaga berat badan yang sehat.

Kehilangan berat badan dapat memiliki dampak positif pada kadar kolesterol, karena berat badan yang berlebih dapat menyebabkan peningkatan kadar kolesterol LDL. Selain pengaruh langsung pada kadar kolesterol, senam juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan jantung secara umum, mengurangi tekanan darah, mengurangi peradangan, dan memperkuat otot jantung.

Apakah Senam dapat Menurunkan Kolesterol dengan Cepat?

Intensitas senam dapat berpengaruh signifikan terhadap kadar kolesterol. Semakin tinggi intensitasnya, semakin besar kemungkinan penurunan kadar kolesterol. Olahraga aerobik yang intens melibatkan aktivitas berdenyut yang cepat dan meningkatkan denyut jantung, seperti berlari atau berenang, mungkin lebih efektif dalam menurunkan kolesterol.

Untuk melihat perubahan yang signifikan dalam kadar kolesterol, penting untuk berolahraga secara teratur dan konsisten. Senam yang dilakukan dalam jangka panjang dapat memberikan manfaat yang lebih besar. Senam sebaiknya dikombinasikan dengan pola makan yang seimbang dan rendah lemak jenuh untuk hasil terbaik.

Diet yang tinggi lemak jenuh dapat menghalangi potensi penurunan kolesterol yang dihasilkan oleh senam. Sebelum memulai program senam baru atau mengubah pola olahraga, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter. Apalagi jika sedang mengonsumsi obat-obatan untuk mengatur kadar kolesterol.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading