Sukses

Health

5 Dampak Kolesterol Tinggi yang Wajib Diwaspadai

Fimela.com, Jakarta Kolesterol tinggi adalah masalah kesehatan serius yang dapat memiliki dampak buruk bagi kesehatan. Penting untuk memahami risiko yang disebabkan oleh kolesterol tinggi. Ada baiknya Sahabat Fimela lekas mengambil tindakan pencegahan yang tepat.

Cara menjaga kolesterol normal adalah dengan mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat. Contohnya melakukan diet yang tepat, aktivitas fisik teratur, dan berhenti merokok. Pola hidup yang sehat akan membuat jantung menjadi lebih sehat dan kolesterol stabil.

Konsultasikan dengan dokter secara rutin untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Mulai melakukan gaya hidup yang sehat, agar kolesterol tidak berdampak buruk bagi kesehatan. Berikut dampak kolesterol tinggi yang wajib diwaspadai:

Dampak Kolesterol Tinggi

1. Penyakit Jantung

Salah satu dampak paling serius dari kolesterol tinggi adalah risiko meningkatnya penyakit jantung. Kolesterol LDL yang tinggi dapat menyebabkan plak arteri yang menyumbat aliran darah ke jantung. Ketika aliran darah terganggu, risiko serangan jantung atau angina (nyeri dada) meningkat secara signifikan.

2. Stroke

Penumpukan plak aterosklerotik juga dapat terjadi di arteri yang menyuplai darah ke otak. Ketika plak ini pecah atau menyumbat arteri otak, hal ini dapat menyebabkan stroke. Stroke adalah kondisi yang serius yang dapat menyebabkan kerusakan otak permanen atau kematian.

3. Penyakit Pembuluh Darah

Kolesterol tinggi juga dapat merusak pembuluh darah. Kondisi ini akan meningkatkan risiko penyakit pembuluh darah seperti aneurisma (pelebaran abnormal pembuluh darah) dan penyakit arteri perifer.

Dampak Kolesterol Tinggi

4. Penyakit Ginjal

Kolesterol tinggi juga berkontribusi pada kerusakan ginjal. Penyakit ginjal kronis dapat menyebabkan masalah kesehatan serius, termasuk gagal ginjal.

5. Penyakit Hati

Kolesterol tinggi dapat berdampak negatif pada hati. Hal ini dapat meningkatkan risiko terkena penyakit hati berlemak non-alkoholik, di mana hati mengalami penumpukan lemak yang dapat mengganggu fungsinya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading