Sukses

Health

7 Camilan Sehat yang Aman Dikonsumsi bagi Penderita Diabetes

Fimela.com, Jakarta Sahabat Fimela termasuk orang yang suka ngemil, tetapi tetap ingin menjaga kadar gula darah? Meskipun memilih camilan terasa begitu sulit bagi penderita diabetes, tetapi kamu tidak perlu khawatir karena ternyata masih banyak alternatif camilan sehat yang bisa dikonsumsi. Dengan kandungan karbohidrat yang sedikit, camilan-camilan ini tidak hanya dapat menjaga berat badan, tetapi juga menjaga kadar gula darah supaya tetap stabil. 

Dilansir dari everydayhealth, mengonsumsi camilan sehat saat diabetes dapat membantu untuk menahan rasa lapar dan mencegah makan berlebihan. Untuk memilih camilan tersebut, diketahui dari situs healthline, kamu bisa menentukan camilan yang tinggi serat, protein, dan lemak sehat. Nutrisi ini akan membantumu dalam menjaga kadar gula darah agar tetap terkendali. Selain itu, camilan yang padat nutrisi sangat penting untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh secara keseluruhan. 

Lantas, camilan sehat apa saja yang dapat dikonsumsi oleh penderita diabetes? Meringkas dari laman WebMd dan Healthline, yuk langsung simak pembahasannya di bawah ini.

1. Telur

Sahabat Fimela ingin camilan yang praktis dan tidak memakan banyak waktu? Telur rebus solusinya. Camilan tinggi protein ini dapat membantu penderita diabetes dalam mencegah naiknya gula darah. Apalagi, telur dapat dijadikan sebagai makanan pengganjal rasa lapar karena dapat mempertahankan rasa kenyang dalam waktu yang lama. Oleh karena itu, telur dapat membantu dalam mengendalikan berat badan. Dalam rangka memenuhi kebutuhan protein, kamu bisa mengonsumsi satu atau dua telur rebus sebagai camilan atau memasaknya menjadi telur orak-arik. 

 

2. Kacang-kacangan

Rasanya yang gurih bisa membuat setiap orang merasa ketagihan dan tidak mau berhenti saat memakannya. Tidak hanya nikmat dikonsumsi, kacang-kacangan dapat memberikan nutrisi yang besar, tetapi dengan jumlah karbohidrat yang rendah.

Jika kamu membutuhkan cemilan yang tinggi serat dan lemak sehat, kamu bisa memilih jenis kacang-kacangan seperti kacang almond, kacang hazelnut, kacang kenari, kacang mete, atau kacang tanah. Beberapa jenis kacang-kacangan tersebut dapat berperan penting dalam mengontrol gula darah bagi penderita diabetes. 

3. Keju

Keju rendah lemak, seperti keju cottage, keju ricotta, atau keju mozarella adalah pilihan camilan lainnya yang dapat membantu dalam mengendalikan gula darah. Efek penurun gula darah tersebut disebabkan oleh kandungan proteinnya yang tinggi. Jenis keju seperti keju cottage juga mengandung beberapa vitamin, mnderal, dan sedikit karbohidrat. Maka dari itu, Sahabat Fimela bisa menambahkan varian keju tersebut ke dalam topping makanan untuk sajian yang tidak hanya lezat, tetapi juga sehat. 

4. Yoghurt dengan Buah Beri

Yoghurt rendah lemak dapat dijadikan sebaai penambah rasa untuk camilan melezatkan. Dicampur dengan buah segar atau oatmeal, yoghurt sangat baik dikonsumsi sebagai kudapan untuk mengelola kadar gula darah. Yoghurt  kaya akan protein dan mengandung probiotik yang dapat meningkatkan metabolisme tubuh ketika mengonsumsi makanan yang mengandung gula. 

Kombinasi antara yoghurt dengan buah beri merupakan perpaduan yang seimbang karena rasa manis pada buah beri dapat bercampur dengan rasa asam yang dihasilkan dari  yoghurt. Buah beri memiliki antioksidan yang bisa mengurangi peradangan dan mencegah kerusakan pada sel-sel pankreas, yaitu organ yang bertanggung jawab dalam melepaskan hormon penurun kadar gula darah. Buah ini juga merupakan sumber serat yang baik. 

5. Popcorn

Camilan seperti popcorn sangat identik dengan camilan teman nonton film dengan rasanya yang manis dan gurih. Namun, popcorn juga merupakan camilan rendah kalori yang cocok untuk penderita diabetes. Camilan sehat ini terbuat dari biji-bijian yang dapat membantu dalam mengontrol berat badan dan menurunkan gula darah. Kamu bisa membuatnya sendiri di rumah dengan memasak berondong jagung secara instan. Serat yang terkandung di dalam popcorn juga membuat camilan sehat ini menjadi makanan yang ramah diabetes. 

6. Alpukat

Salah satu buah yang dapat dijadikan camilan sehat selanjutnya yaitu alpukat. Sebagai sumber asam lemak tak jenuh tunggal, alpukat dapat mencegah gula darah melonjak setelah makan. Buah ini juga dapat diolah menjadi makanan atau minuman apa saja sesuai selera. Apabila kamu sedang diet, makanan ini cocok untuk dikonsumsi karena kandungan kalorinya yang cukup tinggi. 

7. Apel

Butuh pilhan buah yang lain? Kamu bisa mencoba buah apel sebagai camilan sehat bernutrisi tinggi. Apel memiliki peran yang potensial dalam menahan gula darah. Ditambah lagi, dengan beberapa nutrisi yang terkandung di dalamnya seperti vitamin B, vitamin C, dan kalium. Antioksidan polifenol yang dikandungnya pun dianggap dapat melindungi sel pankreas yang sering kali memperburuk diabetes.

Dilansir dari healthline, irisan apel yang dipadukan oleh selai kacang sangat bagus untuk penderita diabetes karena selai kacang mengandung vitamin E dan magnesium yang baik bagi tubuh. Jika butuh referensi lain, kamu juga bisa mencoba selai kacang dengan pisang atau pir. Meski dengan buah yang berbeda, tetapi tetap tersimpan manfaat kesehatan yang sama. 

Camilan sehat di atas dapat menjadi bahan makanan yang aman dikonsumsi untuk pengidap diabetes. Dengan mengonsumsi camilan tersebut, kamu dapat mengendalikan kadar gula darah dengan baik. Begitu juga dengan asupan kalorinya yang rendah sehingga kamu tidak perlu takut dengan berat badan yang terus bertambah. Semoga referensi camilan-camilan sehat tersebut bermanfaat untuk Sahabat Fimela! Jangan lupa untuk selalu perhatikan kembali asupan nutrisi yang dikonsumsi, ya!

 

Penulis: Syifa Azzahra

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading