Sukses

Health

10 Penyebab Badan Pegal-Pegal yang Sering Kamu Alami

Fimela.com, Jakarta Badan pegal-pegal sering kali terjadi dan bisa diakibatkan setelah melakukan olahraga atau melakukan aktivitas seharian, terkadang terdapat beberapa gejala dari kondisi yang mendasarinya. Tubuh merasa pegal dapat terjadi oleh siapapun baik muda maupun tua.

Saat badan terasa pegal biasanya akan diiringi oleh beberapa kondisi seperti flu, selain itu hal ini menandakan bahwa kamu perlu beristirahat untuk meredakan pegal-pegal. Namun, beberapa rasa sakit di beberapa bagian akan berlangsung lama dan mungkin akan berada di kondisi yang mendasarinya.

Mungkin jika kamu merasa pegal-pegal yang cukup lama dapat periksa ke dokter untuk mengetahui penyebabnya. Berikut beberapa penyebab pegal-pegal yang sering terjadi oleh setiap orang:

1. Stress

Saat kamu stress maka sistem kekebalan tidak akan mengontrol responsnya terhadap peradangan. Mungkin akan berakibat pada tubuh yang tidak dapat melawan infeksi atau penyakit seperti biasanya.

Hal ini juga akan menyebabkan tubuh kamu sakit karena menjadi lebih rentan terhadap peradangan dan infeksi pada seluruh tubuh. Mungkin kamu akan merasakan gejala seperti detak jantung yang tinggi, peningkatan tekanan darah, atau keringat dingin.

 

2. Dehidrasi

Air merupakan bahan penting untuk fungsi normal dan sehat pada tubuh kamu. Tanpa air maka tubuh tidak akan melakukan banyak proses penting dan benar, termasuk pada pernapasan dan pencernaan.

Ketika kamu mengalami dehidrasi mungkin akan merasakan sakit fisik. Selain itu jika kamu tidak cukup air putih pada siang hari yang panas kemungkinan akan mengalami dehidrasi lebih cepat.

3. Kurang Tidur

Tidak cukup tidur juga dapat mempengaruhi kesehatan kamu secara keseluruhan. Kamu membutuhkan tidur setidaknya 6 hingga 8 jam tidur setiap malam. Termasuk tidur ferakan mata cepat. Jaringan pada sel tubuh kamu membutuhkan tidur yang cukup agar tetap sehat dan otak membutuhkan waktu untuk tetap segar dan waspada.

4. Pilek atau Flu

Pilek dan flu merupakan infeksi virus yang menyebabkan peradangan. Infeksi ini akan menyerang tubuh kamu dan sistem kekebalan yang akan melawannya.

Peradangan terutama pada tenggorokan, dada, dan paru-paru juga menyakitkan. Bagian tubuh yang lain mungkin akan menjadi sakit, karena tubuh kamu akan bekerja keras untuk melawan infeksi tersebut.

5. Anemia

Anemia yang terjadi ketika tubuh kamu tidak memiliki cukup sel darah merah yang berfungsi dengan baik, sehingga jaringan tubuh kamu tidak mendapatkan cukup oksigen. Dengan anemia, maka akan banyak bagian tubuh yang merasa lelah karena tidak mendapatkan cukup okesigen untuk tetap sehat atau berfungsi dengan baik.

6. Kekurangan Vitamin D

Hipokalsemia atau kadar kalisum darah rendah akan terjadi ketika kamu tidak memiliki cukup vitamin D dalam tubuh. Banyak organ penting pada tubuh kamu seperti ginjal dan oto yang akan bergantung pada kalsium untuk bekerja dengan baik.

Tulang kamu juga membutuhkan kalsium agar tetap sehat, tanpa vitamin D yang cukup untuk membantu menyerap kalsium, maka kamu akan merasakan sakit pada organ-organ di tulang kamu.

7. Mononukleosis

Mononucleosis dikenal sebagai mono, hal ini disebabkan oleh infeksi pada virus Epstein-Barr. Virus ini juga sangat menular dan salah satu gejala yang paling umum adalah rasa pegal-pegal dalam tubuh. Sakit dan kelelahan dapat disebabkan secara umum atau dari peradangan dan pembengkakan yang akan menghalangi jalan napas kamu.

8. Pneumonia

Pneumonia merupakan infeksi paru-paru yang dapat mempengaruhi seluruh sistem pernapasan dan bertanggung jawab atas pernapasan, keringat, serta fungsi penting lainnya.

Jika kamu tidak bisa bernapas dengan baik, maka tubuh tidak bisa mendapatkan cukup oksigen untuk menjaga sel darah merah dan jaringan akan tetap sehat.

9. Fibromyalgia

Fibromyalgia merupakan suatu kondisi di mana seluruh tubuh, termasuk otot dan tulang, akan merasa lelah, pegal, dan sensitif. Penyebab dari fibromyalgia belum diketahui pastinya, namun kamu akan mengalami stress seperti trauma fisik, pembedahan, dan infeksi yang dapat memicu lainnya.

10. Sindrom Kelelahan Kronis

Sindrom kelelahan kronis merupakan suatu kondisi yang menyebabkan kamu merasa lelah dan emah, tidak peduli seberapa banyak kamu beristirahat atau tidur.

Hal ini yang biasanya akan menyebabkan insomnia karena tubuh kamu tidak merasa istirahat atau diisi ulang, selain itu terkadang hal ini juga akan menyebabkan nyeri pada otot dan persendian di seluruh tubuh kamu.

Istirahat yang cukup untuk mengatasi jika kamu merasa pegal-pegal, selain itu kamu juga perlu memperhatikan apa yang kamu konsumsi. Ada beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi rasa pegal-pegal.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading