Sukses

Health

Penyebab Muncul Bercak Merah pada Mata, Bisa Jadi Karena Pendarahan

Fimela.com, Jakarta Mata berdarah dapat menjadi masalah serius bagi banyak orang. Ada beberapa penyebab yang bisa menyebabkan mata berdarah, mulai dari cedera fisik hingga penyakit mata. Bercak merah pada mata juga bisa menjadi tanda adanya perdarahan subkonjungtiva, kondisi di mana darah tersangkut di bawah lapisan jaringan tipis di mata.

Hal ini seringkali disebabkan oleh cedera ringan, pengaruh tekanan darah tinggi, atau bahkan gesekan mata yang terlalu keras. Meskipun tidak selalu menimbulkan rasa sakit, bercak merah pada mata ini tentu saja menimbulkan kekhawatiran bagi banyak orang.

Penyebab subkonjungtiva tak hanya itu saja. Ada berbagai hal yang bisa menyebabkan terjadinya pendarahan di mata hingga membuat munculnya bercak merah di mata. Berikut penjelasan mengenai subkonjungtiva yang harus kamu pahami.

Penyebab Muncul Bercak Merah Pada Mata

1. Hipertensi

Salah satu penyebab perdarahan subkonjungtiva yang sering terjadi adalah hipertensi. Tekanan darah tinggi dapat menyebabkan pelebaran pembuluh darah di mata dan mengakibatkan pendarahan di bawah konjungtiva.

2. Batuk keras

Selain itu, aktivitas seperti batuk keras, muntah, atau mengangkat beban berat juga dapat menyebabkan tekanan darah meningkat secara tiba-tiba, yang kemudian dapat menyebabkan perdarahan di bawah konjungtiva.

3. Gesekan pada mata

Perdarahan subkonjungtiva juga dapat terjadi akibat adanya gesekan yang kuat pada mata. Misalnya, saat menggosok atau mengucek mata dengan keras, bisa menyebabkan pembuluh darah di bawah konjungtiva pecah dan menyebabkan pendarahan. Kondisi ini umumnya tidak memerlukan pengobatan khusus dan akan sembuh dengan sendirinya dalam beberapa minggu.

4. Terkena benda tajam

Salah satu penyebab cedera pada mata, seperti terkena benda tajam atau trauma akibat kecelakaan.

5. Infeksi mata

Infeksi pada mata yang disebabkan oleh bakteri, virus, atau jamur juga dapat mengakibatkan perdarahan di mata.

6. Obat-obatan tertentu

Selain itu, penggunaan obat-obatan tertentu yang mengganggu pembekuan darah juga dapat menjadi penyebab mata berdarah. Misalnya, penggunaan antikoagulan atau pengencer darah, serta steroid yang digunakan untuk mengurangi peradangan pada mata.

7. Defisiensi vitamin

Kurangnya nutrisi yang penting untuk kesehatan mata juga dapat menyebabkan mata berdarah, seperti defisiensi vitamin K atau C

Cara Mengatasi Bercak Merah di Mata

Tindakan sederhana seperti beristirahat dan menghindari menggosok mata dapat membantu mempercepat proses penyembuhan perdarahan subkonjungtiva. Namun, dalam kasus-kasus tertentu, dokter mungkin juga akan memberikan obat tetes mata atau terapi laser untuk menangani perdarahan tersebut. 

Pengobatan perdarahan subkonjungtiva sebagian besar tidak memerlukan intervensi medis yang serius. Namun, penting untuk segera memeriksakan diri ke dokter mata atau spesialis mata untuk memastikan bahwa pendarahan tersebut tidak disebabkan oleh masalah yang lebih serius, seperti gangguan pembekuan darah atau tekanan darah tinggi. Pemeriksaan tersebut juga dapat membantu dokter menilai apakah terdapat kondisi yang memerlukan penanganan lebih lanjut.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading