Sukses

Health

5 Manfaat Buah Mengkudu yang Bisa Menurunkan Kolesterol dan Menjaga Kesehatan

Fimela.com, Jakarta Buah mengkudu, atau yang dikenal dengan nama Latin Morinda citrifolia, mungkin belum begitu populer di kalangan masyarakat luas. Namun, buah ini memiliki segudang manfaat kesehatan yang patut untuk diperhatikan. Buah mengkudu mengandung berbagai zat aktif yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh, mulai dari menurunkan kolesterol hingga meningkatkan daya tahan tubuh.

Buah mengkudu, juga dikenal sebagai buah pace. Buah ini mengandung berbagai nutrisi dan senyawa bioaktif. Meskipun rasa buah ini cukup pahit, banyak orang percaya bahwa mengkudu memiliki sejumlah manfaat kesehatan. Salah satu manfaat buah mengkudu yang paling terkenal adalah kemampuannya dalam menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Penggunaan buah mengkudu untuk kesehatan memang masih terbilang baru di Indonesia, namun bukti akan manfaatnya sudah banyak ditemui dalam penelitian-penelitian ilmiah. Oleh karena itu, tak ada salahnya untuk mencoba mengonsumsi buah mengkudu secara rutin sebagai bagian dari gaya hidup sehat. Berikut manfaat buah mengkudu yang bisa menurunkan kolesterol:

Manfaat Buah Mengkudu

1. Sistem Kekebalan Tubuh

Buah mengkudu mengandung vitamin C, senyawa antioksidan, dan polisakarida yang dapat memberikan dukungan pada sistem kekebalan tubuh. Vitamin C membantu melawan infeksi dan radikal bebas, sementara polisakarida dapat merangsang produksi sel-sel kekebalan tubuh.

2. Sifat Antiinflamasi

Senyawa skopoletin dalam buah mengkudu diklaim memiliki sifat antiinflamasi, yang dapat membantu meredakan peradangan dalam tubuh. Ini bisa bermanfaat bagi orang yang mengalami masalah inflamasi, seperti arthritis. Sifat antiinflamasinya ini juga sangat berguna untuk kecantikan.

3. Pengelolaan Tekanan Darah

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ekstrak buah mengkudu dapat membantu menurunkan tekanan darah. Kandungan kalium dalam buah ini diyakini dapat mendukung kesehatan pembuluh darah dan mengurangi tekanan darah. Buah mengkudu dapat mengontrol kolesterol yang menyebabkan tekanan darah tinggi.

Manfaat Buah Mengkudu

4. Pengelolaan Diabetes

Studi praklinis menunjukkan bahwa buah mengkudu dapat memiliki potensi dalam pengelolaan diabetes dengan mempengaruhi kadar glukosa darah. Buah ini sangat cocok dikonsumsi untuk pemilik kadar gula darah tinggi. Kadar gula darah yang tinggi juga bisa mempengaruhi tingginya kolesterol.

5. Mengatasi Asam Urat

Apakah Sahabat Fimela memiliki asam urat? Ternyata konsumsi buah mengkudu membantu mengelola nyeri sendi yang disebabkan karena mengkudu.

Cara Mengonsumsi Mengkudu

1. Buah Mengkudu Segar

Cuci buah mengkudu dengan air bersih, kemudian potong atau iris buah mengkudu menjadi potongan kecil. Hilangkan bijinya sebelum mengonsumsi. Langsung makan buah mengkudu atau menambahkannya ke salad buah atau sayuran.

2. Jus Mengkudu

Potong buah mengkudu, lalu masukkan ke dalam blender bersama dengan sedikit air. Proses hingga halus, kemudian saring jusnya. Minumlah jus mengkudu segar ini segera setelah disiapkan.

3. Teh Mengkudu

Dapat juga diolah menjadi teh. Rebus potongan buah mengkudu dengan air dalam waktu yang cukup lama. Setelah itu, saring dan tambahkan madu atau gula sesuai selera.

Namun, perlu diingat bahwa mengkudu memiliki rasa yang cukup pahit, maka dari itu jika tidak terlalu menyukai rasa pahit, berikan sedikit pemanis alami seperti madu atau gula. Sebaiknya konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi sebelum mengonsumsi mengkudu, terutama jika memiliki kondisi medis tertentu atau sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading