Sukses

Health

13 Buah Penurun Kadar Kolesterol dan Berserat Tinggi

Fimela.com, Jakarta Menjaga kesehatan sangat penting, termasuk menjaga pola hidup. Salah satu hal penting yang perlu dijaga adalah kolesterol dalam tubuh. Ternyata kadar kolesterol yang tinggi akan mengakibatkan kondisi kesehatan menurun dan menyebabkan penyakit mematikan seperti, serangan jantung dan stroke. Pola makan sangat mempengaruhi pertumbuhan kadar kolesterol.

Kamu bisa mencegah pertumbuhan kolesterol dengan mengatur pola makan dengan tingkat kolesterol rendah dan mengonsumsi buah. Menjaga pola hidup agar tetap sehat, sangat perlu dilakukan.

Nah, tahukah kamu terdapat beberapa buah yang bisa menurunkan kadar kolesterol pada tubuh. Berikut beberapa buah yang bisa kamu konsumsi untuk membantu menurunkan kadar kolesterol.

1. Pear

Dikutip dari Healthline.com buah pir mengandung antioksidan yang membantu merilekskan otot jantung dan menurunkan kadar kolesterol. Antioksidan dalam buah pir dapat membantu mengurangi risiko. Pir merupakan salah satu buah yang mengandung pektin, yaitu sejenis serat yang dapat menurunkan kolesterol.

2. Apel

Selain buah pir, apel juga buah yang mengandung pektin, yaitu sejenis serat yang dapat menurunkan kolesterol. Selain kaya akan serat yang menjaga kesehatan jantung, apel juga mengandung polifenol yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol.

3. Pepaya

Pepaya mengandung niacin, serat, dan antioksidan yang dapat menurunkan kadar kolesterol LDL.Tidak hanya buahnya ekstrak air biji pepaya mampu menurunkan kadar kolesterol.

4. Pisang

Pisang dengan unik dapat menurunkan kolesterol dengan mengeluarkan kadar kolesterol dari sistem pencernaan untuk mencegahnya berpindah ke aliran darah dan menyumbat arteri. Kamu bisa konsumsi pisang dengan oat untuk menambah kesehatan dan sebagai menu diet. 

5. Alpukat

Alpukat memiliki nutrisi dengan asam lemak tak jenuh yang mengenyangkan. Serat dari alpukat dapat membuat keseimbangan kadar kolesterol HDL dan kualitas kolesterol LDL. Bila kamu dengan rutin mengkonsumsi alpukat maka, kamu  dapat menurunkan risiko penyakit jantung.

6. Jambu Air

Serat dan mineral jambu air dapat mengurangi oksidasi kolesterol karena bisa membantu membersihkan pembuluh darah dari plak akibat kolesterol. Hal ini berkontribusi pada jantung juga pembuluh darah, serta mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

7. Jambu Biji

Serat dan vitamin C yang dimiliki jambu biji cukup tinggi, sehingga dapat menurunkan tekanan darah dan mengurangi kolesterol.

8. Berries

Berries, seperti, raspberry,blueberry, blackberry, dan stroberi merupakan buah penurun kolesterol paling ampuh. Berries mengandung serat tinggi dan rendah gula serta mampu menurunkan kadar kolesterol.

9. Jeruk

Jeruk memiliki zat yang pitosterol atau lemak yang membantu mencegah pertumbuhan kolesterol agar tidak masuk ke dalam  usus dan diserap

10. Semangka

Semangka memiliki serat tinggi yang rendah lemak jenuh dan dapat membantu mengurangi kadar kolesterol dalam darah, karena kadar kolesterol tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, 

11. Tomat

Tomat mengandung lycopene, asam klorogenik, dan naringenik yang penuh serat sehingga buah tomat mampu menurunkan kadar kolesterol jahat yang mengakibatkan penyakit. 

12. Kiwi

Kiwi mengandung serat dan kaya akan kandungan vitamin E, C, dan polifenol. Serat pada kiwi meningkatkan kadar kolesterol baik dan mengurangi risiko darah yang menggumpal.

13. Jeruk Bali

Jeruk bali kaya akan serat dan Vitamin C yang tinggi mampu mengurangi kadar kolesterol Low Density Lipoprotein dan trigliserida yang merupakan lemak darah dan menjadi risiko terjadinya penyakit jantung. 

Nah itu dia beberapa buah yang bisa kamu konsumsi rutin untuk menurunkan kadar kolesterol jahat yang menyebabkan penyakit jantung dan stroke. Yuk, remind diri kamu agar lebih menjaga asupan vitamin dan serat yang masuk ke dalam tubuh. 

Penulis : Yosefin Natalie 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading